Pembangunan depo MRT fase 2B di Ancol Barat diperkirakan membutuhkan Rp 1,5 triliun

Kamis, 09 Juli 2020 | 14:56 WIB Sumber: TribunNews.com
Pembangunan depo MRT fase 2B di Ancol Barat diperkirakan membutuhkan Rp 1,5 triliun

ILUSTRASI. Kkereta Moda Raya Terpadu (MRT). KONTAN/Baihaki


MRT - JAKARTA. PT MRT Jakarta berencana membangun depo MRT Fase 2b di bagian Ancol Barat, Jakarta Utara. Dana pembebasan lahan untuk pembangunan depo tersebut diperkirakan menelan Rp1,5 triliun.

"Sejatinya memang di tahun lalu itu ada upaya untuk kalau memang pemasukan paling tidak sebagian pendanaan untuk dibebaskan oleh pemprov DKI, tapi kita tahu kondisi hari ini jangankan Rp1,5 triliun," ucap Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Pemerintah hanya menetapkan 24 kawasan TOD di Jabodetabek, ini rinciannya

William menjelaskan sebelumnya pembangunan depo itu direncanakan di Ancol Barat, namun luas lahannya tidak memungkinkan. Kemudian setelah dilakukan studi kelayakan (feseability study), Ancol Barat pun memenuhi kriteria berdasarkan luas lahan maupun struktur lokasi.

Hanya dana pembebasan lahan di lokasi tersebut yang bersumber dari Pemprov DKI belum cair akibat pandemi Covid-19.

"Progresnya kita butuh pendanaan sebetulnya untuk pembebasan lahan di ancol barat. Jadi kan memang feseability study menentukan bahwa itu lahan yang paling efektif dan efisien. Dan saat ini sedang dalam proses untuk pendanaan kalau bisa dibebaskan seperti apa," tutur dia.

PT MRT Jakarta menyebut rencana pembebasan lahan itu bisa dilakukan tahun depan, setelah Pemprov DKI rampung menyelesaikan penanganan Covid-19. Pihak MRT juga membuka alternatif lain untuk pembebasan lahan tersebut.

Baca Juga: PSBB transisi diperpanjang, Pemprov DKI intensifkan pengawasan di pasar dan KRL

"Rencananya tahun depan kalau bisa. kalau prosesnya bisa diselesaikan gitu. Tapi kan tahun ini boleh dikatakan tidak ada pendanaan pemda," katanya.

"Jadi tadi kita sampaikan kalau ada cara lain gitu ya untuk melakukan pembebasan lahan dan pembangunan kawasan depo," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Pembangunan Depo MRT Fase 2B di Ancol Barat Diperkirakan Telan Rp1,5 Triliun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru