Pemprov Jawa Barat salurkan bansos Rp 500.000 per kartu keluarga (KK) di Depok

Rabu, 15 April 2020 | 13:54 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov Jawa Barat salurkan bansos Rp 500.000 per kartu keluarga (KK) di Depok

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri)


BANSOS - JAKARTA. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencairkan dana bantuan untuk keluarga terdampak pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Depok, Rabu (15/4). Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, bantuan tersebut disalurkan melalui kantor pos ke rumah-rumah. 

"Hari ini bantuan sembako dari gubernur provinsi, tadi saya cek ke kantor pos. Karena polanya dari Bulog, barangnya ditaruh di kantor pos," jelas Emil kepada wartawan di Depok, Rabu (15/4).

"Dari provinsi total Rp 3,2 triliun, ada (bantuan untuk) 4 bulan sebesar Rp 500.000 (per KK per bulan)," imbuh dia. 

Baca Juga: Tak ingin tambah beban, Polisi tidak beri tilang pengendara yang langgar PSBB

Eks Wali Kota Bandung itu berulang kali ditanya soal jumlah KK di Depok yang berhak menerima bantuan tersebut. Namun, Emil tak menjawab secara gamblang dan hanya menyebut pihaknya menyesuaikan data dari Pemkot Depok. 

Dikonfirmasi sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, keluarga yang berhak menerima bantuan dari Pemprov Jawa Barat merupakan KL yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dihimpun oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial RI. 

Total ada lebih dari 70.000 KK yang terdaftar di sana. Pemprov Jawa Barat akan berbagi porsi dengan pemerintah pusat untuk menggelontorkan dana dari kas masing-masing untuk menyantuni mereka. 

"Provinsi sebesar Rp 500.000 per KK, jatahnya untuk 36.000 (KK)," ujar Idris, Selasa (14/4). 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru