Presiden Jokowi: Angka inflasi relevan dengan harga bahan pokok

Senin, 19 November 2018 | 11:45 WIB   Reporter: Sinar Putri S.Utami
Presiden Jokowi: Angka inflasi relevan dengan harga bahan pokok

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi)


DATA INFLASI - LAMONGAN. Presiden Joko Widodo mengapresiasi laporan Gubernur Jawa Timur Soekarwo terkait harga bahan pokok yang stabil di pasar-pasar Jawa Timur.

"Saya sangat berbahagia dapat laporan dari Gubernur Jatim, di luar konteks tapi relevan," katanya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Lamongan, Senin (19/11).

Sebab, di tahun politik saat ini memang perlu penjelasan konkret terkait harga pangan di pasaran. "Kalau yang menjelaskan pimpinan provinsi, gubernur, akan memberikan keyakinan kalau angka inflasi itu sangat relevan dengan dengan harga-harga bahan pokok," jelas Presiden.

Apalagi saat ini, pemerintah telah menjaga angka inflasi di bawah 3,5% yang membuat harga-harga lebih terkendali. Berbeda dengan keadaan empat tahun lalu. Dimana, inflasi berada dikisaran 8%-9%.

Keadaan saat ini juga didukung dengan kontribusi daerah. Seperti Jawa Timur yang angka inflasi ada di 1,78% dan pertumbuhan ekonominya sebesar 5,4%. 
"Ini kontribusi daerah yang sangat baik terhadap inflasi nasional, di Katim hanya 1,78% angka inflasi yang sangat rendah sekali," katanya.

"Artinya masih ada selisih bagi masyarakat, percuma pertumbuhan ekonominya 6% tapi inflasinya 9%. Jadi selama terhadap pertumbuhan ekonomi di Jatim dan rendahnya inflasi, rakyat pasti merasakan," lanjut Presiden.

Ia mengaku setiap pagi selalu membaca harga-harga bahan pokok. "Sarapan pagi angka-angka, harga beras, cabai, daging, daging ayam, sayur, semua masuk ke meja saya, yang saya baca pertama pasti itu, kalau beras naik Rp 100 saja detik itu saya telepon Kepala Bulog, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan," ujar dia. 

Maka itu, penting bagi pemerintah untuk operasi pasar dan tidak hanya menguasai makro saja tapi mikro juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru