UPDATE corona di Jakarta Kamis(11/6) positif 8.552 orang, sembuh 3.664 meninggal 555

Kamis, 11 Juni 2020 | 14:33 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
UPDATE corona di Jakarta Kamis(11/6) positif 8.552 orang, sembuh 3.664 meninggal 555

ILUSTRASI. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta?Fify Mulyani, memberikan update kasus corona DKI Jakarta Kamis (11/6).


VIRUS CORONA - JAKARTA.Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta menyampaikan update corona di Jakarta dan perkembangan terkini penanganan corona di Jakarta per 11 Juni 2020.

Update corona di Jakarta ini disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani Kamis (11/6).

Ia memaparkan berdasarkan update corona di Jakarta Kamis (11/6), terdapat penambahan jumlah kasus positif sebanyak 129 kasus corona di Jakarta, sehingga jumlah kumulatif kasus positif di wilayah DKI Jakarta sebanyak 8.552 kasus.

Dari jumlah tersebut, 3.664 orang corona di Jakarta dinyatakan telah sembuh. Sedangkan update corona di jakarta yang meninggal dunia total sebanyak 555 orang. Dengan update kematian corona di Jakarta ini berati jumlah kematian bertambah 4 orang dibandingkan dengan hari Rabu (10/6). 

Baca Juga: Menyedihkan, kasus kematian pasien positif corona di Jawa Timur melampaui Jakarta

“Sampai dengan hari ini kami laporkan, 1.446 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.887 orang melakukan self isolation di rumah,” kata Fify Mulyani saat konfrensi video dari Balai Kota Jakarta saat memberikan update corona di Jakarta.

Sedangkan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan laporan update sejumlah 18.993 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 13.011 orang corona di Jakarta.

Fify Mulyani menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah meningkatkan kapasitas pemeriksaan metode RT-PCR corona di Jakarta, dengan membangun Laboratorium Satelit Covid-19.

Laboratorium corona di Jakarta ini berlokasi di sebagian lahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan RSUD Duren Sawit sejak 9 April 2020.

Selain itu guna mempercepat pemeriksaan corona di Jakarta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga membangun jejaring dengan 41 laboratorium pemeriksa Covid-19.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta akan menambahkan kapasitas laboratorium satelit swab Covid-19 dengan menggunakan kontainer yang merupakan kolaborasi dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) Group, sebagai salah satu BUMD sektor properti milik Pemprov DKI Jakarta. 

Secara kumulatif, pemeriksaan PCR corona di Jakarta telah dilakukan di DKI Jakarta, sampai dengan 10 Juni 2020 sebanyak 189.552 sampel.

Pada 10 Juni 2020, Fify Mulyani memberikan update pemeriksaan atau tes PCR corona di Jakarta pada 4.065 orang. Sebanyak 3.372 tes PCR corona di Jakarta di antaranya dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus baru, dengan hasil 129 positif dan 3.243 negatif. 

Fify Mulyani juga memberikan update warga DKI Jakarta yang telah menjalani rapid test corona di Jakarta total sebanyak 173.558 orang. Hasilnya dengan persentase positif Covid-19 sebesar 4 %, dengan update perincian 6.432 orang dinyatakan reaktif Covid- 19 dan sebayak 167.126 orang dinyatakan non-reaktif virus corona di Jakarta.

Untuk kasus positif corona di Jakarta akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab secara PCR dan apabila hasilnya positif dilakukan rujukan ke Wisma Atlet atau RS atau dilakukan isolasi secara mandiri di rumah.

"Bagi masyarakat, kami imbau untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak antarorang minimal 1,5 - 2 meter," imbaunya.

Pemerntah Provinsi DKI Jakarta masih membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama untuk meringankan dampak corona di Jakarta bagi warga yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi Covid-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB.

Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. Informasi lengkap seputar KSBB dapat melalui situs corona.jakarta.go.id/ksbb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru