160 pendaki di Pasar Bubrah Gunung Merapi dievakuasi turun

Jumat, 11 Mei 2018 | 15:55 WIB Sumber: Kompas.com
160 pendaki di Pasar Bubrah Gunung Merapi dievakuasi turun

ILUSTRASI. Gunung Merapi


ERUPSI GUNUNG - BOYOLALI. Gunung Merapi mengalami erupsi dengan mengeluarkan asap tebal, Jumat (11/5) pagi. Pada saat kejadian itu sedikitnya ada 160 pendaki via Selo berada di kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi.

Pembina SAR Barameru Selo, Samsuri mengatakan, proses evakuasi terhadap pendaki masih terus dilakukan tim SAR. Sampai saat ini sudah ada 132 pendaki dievakuasi turun dari kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi. 

"Alhamdulillah, 132 orang pendaki yang sudah berhasil dievakuasi kondisi baik-baik saja," ungkap Samsuri dihubungi Kompas.com, Jumat (11/5). 

Saat ini masih ada sekitar 28 orang pendaki yang berada di kawasan Padar Bubrah dan proses evakuasi. Para pendaki ini, katanya berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Yogyakarta dan lainnya. 

"Ini sedang proses evakuasi pendaki yang masih ada di sana (Pasar Bubrah). Harapannya hari ini semua sudah bisa dievakuasi," terang Samsuri. 

Proses evakuasi melibat personel BPBD Kabupaten Boyolali, relawan SAR Barameru Merapi dan instansi terkait. Ada sekitar 30an personel yang naik ke kawasan Pasar Bubrah untuk melakukan evakuasi para pendaki. 

Pascaerupsi Gunung Merapi, Samsuri mengatakan, jalur pendakian Gunung Merapi via Selo untuk sementara waktu ditutup.

"Sementara jalur pendakian Gunung Merapi via Selo ditutup sementara untuk para pendaki," kata Samsuri. (Kontributor Solo, Labib Zamani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "160 Pendaki di Pasar Bubrah Gunung Merapi Dievakuasi Turun"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru