21.000 Surat suara Pilkada DKI rusak

Kamis, 02 Februari 2017 | 21:26 WIB Sumber: Kompas.com
21.000 Surat suara Pilkada DKI rusak


JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengatakan, sekitar 21.000 surat suara untuk Pilkada DKI Jakarta 2017 rusak.

"Baru saya dapat tadi pagi, total se-DKI Jakarta sekitar 21.000-an, itu 0,03% yang ada," ujar Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos di kantornya, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (2/2).

Adapun total surat suara yang dicetak yakni 7.292.619 surat suara.

Betty mengatakan, KPU kabupaten/kota saat ini tengah melakukan penyortiran tahap kedua untuk memastikan kembali jumlah surat suara yang rusak tersebut.

"Jadi data sementara memang sekitar 21.000-an surat suara yang rusak se-DKI Jakarta. Nah sekarang sedang sortir kedua, artinya mungkin saja ada yang rusak lagi atau gimana tapi gambarannya sekitar segitu untuk DKI Jakarta," kata dia.

Betty mengatakan, kerusakan surat suara disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yakni potongan surat suara yang tidak pas, atau ada bercak pada surat suara tersebut.

"Ada titik-titik, ada beberapa titik putih atau titik kuning, tinta," kata Betty.

Surat suara yang rusak akan dicantumkan dalam berita acara dan akan dimusnahkan oleh masing-masing KPU kabupaten/kota. KPU DKI Jakarta akan meminta PT Adi Perkasa selaku pemenang tender di Makassar untuk mengirimkan kembali surat suara pengganti.

"Langsung dicetak ulang di Makassar untuk kemudian diantar ke KPU DKI Jakarta dan disebarluaskan," kata dia. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru