3 Penyebab tremor yang perlu Anda ketahui

Kamis, 12 November 2020 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Penyebab tremor yang perlu Anda ketahui


KESEHATAN - JAKARTA. Tremor merupakan suatu kondisi di mana kontraksi otot terjadi secara tidak sengaja. Meski tak berbahaya, penyebab tremor tetap perlu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa melakukan perawatan dengan cepat dan tepat.

Biasanya, tremor terjadi di tangan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi tersebut terjadi di bagian tubuh lain, seperti lengan, kepala, atau kaki. Durasi tremor yang dialami setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang mengalami tremor cukup sering, tapi ada pula yang jarang mengalaminya.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan ada dua tipe tremor, yaitu resting tremor dan action tremor. Resting tremor adalah tremor yang terjadi saat tangan tak digunakan. Sedangkan action tremor terjadi ketika ada gerakan lain yang menstimulus pergerakan tangan atau bagian tubuh lainnya.

Gangguan Saraf

Penyebab tremor yang pertama adalah gangguan pada sistem saraf manusia. Pada penderita stroke, darah tergumpal dan menyumbat arteri. Hasilnya, darah tak mampu mencapai otak sehingga mengganggu sistem saraf dan menimbulkan tremor.

Baca Juga: Catat, inilah gejala saraf terjepit plus penyebabnya

Selain stroke, seseorang yang mengalami cedera otak juga bisa merasakan tremor. Saat otak cedera, sistem saraf yang bertanggung jawab terhadap koordinasi gerakan bisa terganggu. Akibatnya, tangan atau bagian tubuh yang lain mengalami tremor.

Tak hanya itu, Medical News Today Mengatakan bahwa tremor juga bisa disebabkan oleh penyakit parkinson. Sebanyak 25% penderita penyakit parkinson mengalami tremor di salah satu atau kedua tangan. Tremor menjadi lebih sering terjadi saat pasien mengalami stres.

Movement Disorder

Movement disorder atau gangguan pergerakan merupakan penyebab tremor lainnya yang perlu Anda perhatikan. Ada dua jenis movement tremor yang menimbulkan tremor, yaitu essential tremor dan dystonic tremor.

Penyebab essential tremor belum bisa ditentukan. Kondisi tersebut dirasakan oleh seseorang di kedua bagian tubuh, tapi lebih mudah dikenali pada bagian tubuh yang dominan. Medical News Today mengatakan bahwa genetik berperan dalam munculnya essential tremor.

Baca Juga: Cara mengatasi kesemutan dengan 3 bahan alami

Dystonic tremor terjadi saat otak mengirim sinyal yang salah. Hasilnya, otot menjadi lebih aktif, postur tubuh tidak normal, dan gerakan yang tak diinginkan muncul. Kondisi itu bisa muncul di bagian otot mana pun.

Penyebab Tremor Lainnya

Selain dua faktor di atas, penyebab tremor juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lain atau jenis pengobatan tertentu. Misalnya, kondisi psikiatrik, keturunan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein, gagal ginjal, pengobatan asma, kortikosteroid, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Waspadai komplikasi asam urat, bisa sebabkan batu ginjal hingga parkinson

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru