Nusantara

46 Napi di Lapas Lembata NTT positif corona, satu orang meninggal dunia

Jumat, 14 Mei 2021 | 09:34 WIB Sumber: Kompas.com
46 Napi di Lapas Lembata NTT positif corona, satu orang meninggal dunia

ILUSTRASI. Seorang pasien Covid-19 dari klaster Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lembata, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia.


KONTAN.CO.ID - LEMBATA. Seorang pasien Covid-19 dari klaster Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lembata, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia di ruang isolasi RSUD Lewoleba, Kamis (13/5). Pasien tersebut adalah salah satu dari 46 narapidana yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen pada 1 Mei 2021.

Kepala Lapas Lembata A Wisnu Saputro menjelaskan, narapidana tersebut menjalani isolasi mandiri di Lapas mulai 1 Mei 2021. Selama menjalani isolasi mandiri, narapidana tersebut mengalami demam yang gejalanya hilang dan timbul.

Kemudian pada Minggu (9/5), dia dibawa ke UGD RSUD Lewoleba karena kondisi kesehatannya tidak stabil. Setelah dilakukan observasi oleh tim dokter, pasien dirawat di ruang isolasi Covid-19.

Kemudian pada hari berikutnya, dokter membutuhkan plasma darah konvalesen untuk penyembuhan narapidana tersebut. Pihak Lapas berkoordinasi dengan keluarga dan pihak RSUD Lewoleba agar dapat membangun komunikasi dengan PMI Kupang guna mendapat plasma darah tersebut.

Baca Juga: Secara mengejutkan, Jepang menambahkan 3 prefektur lagi dalam status darurat corona

Sesuai hasil koordinasi tersebut, dijadwalkan pengiriman plasma akan dilakukan pada hari Jumat (14/4), karena menyesuaikan dengan jadwal penyeberangan dari Kupang ke Lembata.

"Sambil menunggu plasma darah tersebut tim dokter tetap mengupayakan perawatan semaksimal mungkin dengan obat-obatan serta fasilitas yang ada. Namun, karena usia yang sudah tua dan adanya penyakit bawaan seperti hipertensi, asam urat dan lambung, sehingga membuat kondisi Beliau semakin memburuk hingga meninggal dunia," kata Wisnu dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 46 Napi di Lapas Lembata NTT Positif Corona, 1 Orang Meninggal Dunia.
Penulis: Kontributor Maumere, Nansianus Taris
Editor: Abba Gabrillin

Baca Juga: Sejak April 2021, kasus Covid-19 di Pulau Sumatra meningkat

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru