5 Obat flu alami, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia

Selasa, 08 Desember 2020 | 17:20 WIB Sumber: Kompas.com
5 Obat flu alami, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia


KESEHATAN - JAKARTA. Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat menderita flu. Ini 5 obat flu alami untuk Anda yang enggan minum obat kimia. 

Musim hujan tiba, Anda wajib waspada dengan beberapa jenis penyakit. Salah satu jenis penyakit yang kerab muncul di musim hujan adalah flu. 

Seseorang yang terkena flu umumnya menampakkan sejumlah gejala seperti sakit tenggorokan, dada tersumbat, demam, pilek, hingga sakit kepala yang bisa sangat sulit untuk ditangani. 

Baca Juga: Ini buah dan rempah yang efektif menangkal batuk, pilek, dan flu

Terserang flu tentunya bisa mengganggu seluruh jadwal kegiatan Anda. Efeknya, Anda terpaksa harus berdiam di tempat tidur sepanjang hari. 

Umumnya para penderita flu bergantung pada obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi penyakit ini. Padahal, ada beberapa solusi alami yang aman dan efektif yang juga bisa Anda coba ketika terserang flu: 

1. Berkumur air garam 

Berkumur air garam dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membersihkan lendir di dada. 

Ramuan air garam menciptakan efek osmosis dan dapat menarik cairan dari tenggorokan kita. Selain dapat memecah lendir, cara ini juga bisa membantu menghilangkan iritasi dan membersihkan tenggorokan. 

Caranya, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur sebanyak tiga kali sehari untuk hasil yang lebih cepat. 

2. Minyak essential 

Essential oil juga efektif untuk mengatasi flu. Minyak ini melawan flu dengan menghentikan atau mengurangi laju virus berkembang biak di dalam tubuh. 

Kayu manis, peppermint, lemon, eucalyptus dan minyak thyme dianggap sebagai varian untuk digunakan ketika menderita flu. Namun, jangan dicampurkan ke dalam makan atau diminum.

Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak dan mengoleskannya di tenggorokan atau menyebarkan essentil oil ke udara dengan bantuan diffuser. 

3. Meningkatkan asupan senyawa seng 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa seng ketika terserang flu juga dapat membantu meringankan gejalanya.

Senyawa seng membantu tubuh tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang memerangi kuman dan virus asing serta penting bagi sistem kekebalan tubuh. 

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makan makanan yang kaya nutrisi. Beberapa di antaranya adalah daging merah, kerang, lentil, buncis, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur. 

4. Madu 

Madu memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan beberapa bakteri dan virus. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu adalah obat yang efektif untuk mengobati flu. 

Anda bisa memasukkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. 

5. Bawang putih 

Bawang putih adalah superfood yang digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Bawang putih mengandung allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu membunuh virus dan bakteri. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih tidak hanya mencegah seseorang jatuh sakit tetapi juga mengurangi tingkat keparahan gejala. 

Anda bisa menyertakan bawang putih dalam makanan untuk mendapatkan manfaat kesehatan. 

Di samping mencoba cara-cara pengobatan alami tersebut, Anda juga dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut agar segera pulih. 

Beberapa di antaranya seperti minum lebih banyak air dan cairan lainnya, menghindari makanan pedas dan berminyak, menghirup uap, hingga minum teh herbal.(Nabilla Tashandra)

Baca Juga: Tidak ingin terkena pilek dan flu di musim hujan ini? Begini cara mencegahnya

Selanjutnya: Awas! Ini makanan dan minuman yang bisa memicu diare

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Mudah Mengobati Flu Secara Alami"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru