5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Arus Balik Lebaran Diterapkan

Kamis, 05 Mei 2022 | 06:15 WIB Sumber: Kompas.com
5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Arus Balik Lebaran Diterapkan


ARUS BALIK - JAKARTA. Kepolisian menyiapkan antisipasi kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2022. Salah satunya penerapan one way untuk mengurai kepadatan arus balik lebaran.

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Dedi menyebutkan, jika volume kendaraan menuju Jakarta sangat padat, akan dilakukan one way dari tanggal 6 Mei 2022 sejak pukul 14.00 sampai 24.00 WIB. One way akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414 sampai dengan Tol Cikampek Km 47, serta diteruskan contraflow sampai dengan Km 28,5.

Baca Juga: Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Saat Arus Balik Lebaran 2022

Namun, rekayasa ini juga berlaku dan bersifat situasional mengikuti situasi saat puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 7 hingga 8 Mei 2022.

Langkah kedua, Polri menyiapkan lima rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung saat penerapan one way.

Rute alternatif pertama yakni Jagorawi–Puncak–Cisarua–Cipanas–Cianjur–Sukaluyu–Cipatat–Padalarang–Bandung.

Rute kedua, Jagorawi–Cibubur–Cileungsi–Jonggol–Cianjur–Padalarang–Bandung.

Rute ketiga, Kalimalang–Kedung Waringin–Karawang–Purwakarta–Wanayasa–Lembang–Bandung.

Alternatif keempat, Kalimalang–Kedung Waringin–Karawang–Purwakarta–Sukatani–Darangdan–Cikalong–Padalarang–Bandung.

Rute kelima, Jagorawi–Sukabumi–Cianjur–Padalarang–Bandung.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” imbau Dedi.

Selanjutnya, Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS). Hal ini dilakukan untuk menginformasikan kapasitas parkir kepada pengendaran sebelum masuk rest area.

Langkah lainnya yakni menghimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area. “(Masyarakat) Diharapkan dapat memanfaatkan rest area yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat,” ucap Dedi.

Dedi menambahkan, langkah antisipasi selanjutnya yakni soal jaminan ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat ketika mengalami kendala dengan kendaraannya.

“Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, pasokan listrik,” imbuh mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini.

Dedi menyampaikan langkah pencegahan kemacetan saat arus balik yakni dengan meminimalisasi hambatan di rute alternatif. Dengan begitu, lanjutnya, kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.

Baca Juga: One Way Berlaku di Simpang Gadog Puncak Bogor, Arah ke Jakarta Dibuka

Penulis : Rahel Narda Chaterine
Editor : Kristian Erdianto


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri Siapkan 5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat "One Way" Arus Balik Lebaran".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru