9 Ide Lomba 17 Agustus Berkelompok, Inspirasi Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Ide Lomba 17 Agustus Berkelompok, Inspirasi Peringatan HUT Kemerdekaan RI


PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - Sejumlah ide lomba 17 Agustus berkelompok untuk inspirasi peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia bisa disimak di artikel ini. 

Menggelar berbagai jenis lomba 17 Agustus termasuk salah satu cara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Lomba 17 Agustus pun biasanya ada yang bisa diikuti oleh individu maupun berkelompok.  

Nah, tahun ini sudah mulai banyak daerah yang menyelenggarakan lomba 17 Agustus. Dikutip dari Kompas.com (4/8/2022), warga telah diizinkan untuk menggelar berbagai lomba 17 Agustus. 

Baca Juga: 11 Ide Lomba 17 Agustus untuk Ibu-ibu, Inspirasi Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Sebab, seluruh wilayah Indonesia masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 terhitung mulai Selasa (02/08/2022).  

Namun, Ginting mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan waspada terhadap pandemi Covid-19 selama mengikuti lomba 17 Agustus. 

Lantas, apa saja ide lomba 17 Agustus berkelompok? 

Baca Juga: Lirik Lagu 17 Agustus Hari Merdeka: Makna, Pencipta, dan Sejarahnya

Ide lomba 17 Agustus berkelompok

Lomba 17 Agustus berkelompok

Dirangkum dari Kompas.com dan Tribunnews, berikut adalah ide lomba 17 Agustus berkelompok:

1. Estafet tepung  

Lomba estafet tepung adalah salah satu lomba 17 Agustus berkelompok. Nah, masing-masing kelompok berjumlah lima hingga tujuh peserta. Semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang.

Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya. Uniknya, peserta menuangkan tepung tanpa balik badan.  

Jadi, muka peserta tak luput dari guyuran tepung yang tumpah dari piring. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan tepung paling banyak. 

2. Estafet air  

Selain estafet tepung, salah satu lomba 17 Agustus berkelompok adalah estafet air. Aturan main esftafet air serupa dengan estafet tepung, yaitu dilakukan secara berkelompok. 

Masing-masing kelompok bisa berjumlah lima hingga tujuh peserta.  Semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan air ke baskom yang dipegang oleh peserta di belakangnya. 

Uniknya, peserta menuangkan air tanpa balik badan. Jadi, para peserta tentunya tak luput dari guyuran air yang tumpah dari baskom. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan air paling banyak di baskom terakhir.

Baca Juga: Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

3. Lomba berjalan di atas kardus

Lomba berjalan di atas kardus juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus berkelompok. Dalam lomba ini, peserta harus berkelompok sekitar 4 hingga 5 orang berbaris ke belakang.

Para peserta satu persatu harus berjalan dari titik start ke titik finish dengan kardus berukuran kecil. Kardus dipotong dan dibentuk persegi panjang seukuran kaki.

Masing-masing kelompok hanya bisa memegang kardus tidak lebih dari jumlah anggota. Pemenangnya adalah yang bisa sampai ke titik finish terlebih dahulu.

4. Lomba memindahkan gelas berisi air menggunakan kain

Lomba memindahkan gelas berisi air menggunakan kain juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus berkelompok. Lomba ini dimainkan maksimal 4 orang.

Para peserta diharuskan memindahkan gelas yang terisi air menggunakan kain berbentuk segi empat. Gelas dipindahkan dari satu titik (start) ke titik lainnya (finish).

Peserta berhasil jika air yang ada di dalam gelas itu tidak tumpah selama dipindahkan.

Baca Juga: Rayakan Bulan Kemerdekaan dengan ‘Rayakan Merdekamu’

Lomba 17 Agustus berkelompok

5. Panjat pinang  

Panjat pinang merupakan lomba yang identik dengan perayaan 17 Agustus. Panjat pinang juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus berkelompok. 

Dalam lomba ini, para peserta harus berusaha memanjat batang pohon pinang yang diberi oli untuk sampai ke puncak. Sebab, pada puncak batang pohon pinang tersebut, telah tersedia beragam hadiah menarik. 

Setiap peserta harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai sampai puncak pohon pinang.

6. Bakiak  

Bakiak adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga bisa dijadikan sebagai lomba 17 Agustus berkelompok. Bakiak umumnya terbuat dari kayu bertali karet. 

Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal sehingga dimainkan oleh tiga orang. Setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah ditentukan. 

Pemenangnya adalah kelompok yang pertama kali mencapai garis finish. Karenanya, dibutuhkan ketangkasan, kekompakan, dan strategi agar anggota kelompok dapat melangkah bersama menggunakan bakiak tanpa terjatuh.  

Baca Juga: Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

7. Sepak bola daster  

Nah, sepak bola daster adalah salah satu lomba 17 Agustus berkelompk yang bisa diikuti oleh kelompok ibu-ibu maupun bapak-bapak. Keunikan dari permainan ini adalah para peserta menggunakan daster. 

Agar lebih seru, tiap pemain dapat memakai pelengkap lain seperti jilbab yang biasa digunakan ibu-ibu berdaster. Aturan permainan ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

8. Tarik tambang  

Tarik tambang adalah salah satu ikon perayaan lomba 17 Agustus berkelompok. Meski cara bermainnya sederhana, namun lomba ini sangat seru. 

Peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang. Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang. 

Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawannya terjatuh. Tak hanya kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakan. 

Baca Juga: Agustus ini, Pertamina tebar promo cashback 30% membeli BBM

9. Joget balon  

Lomba joget balon adalah salah satu lomba 17 Agustus berkelompok yang bisa diikuti secara berpasangan bapak-ibu atau hanya ibu-ibu saja. Peserta lomba terdiri dari dua orang setiap kelompok. 

Setiap pasangan kelompok mengapit sebuah balon agar tidak jatuh atau lepas. Kemudian, semua peserta harus berjoget mengikuti musik. Peserta yang menang adalah mereka yang berhasil menjaga balonnya agar tidak jatuh, selama berjoget mengikuti musik.

Demikian ide lomba 17 Agustus berkelompok yang bisa dijadikan inspirasi untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru