Aceh diguncang gempa 4,8 magnitudo, sejumlah rumah dan ruko rusak

Kamis, 04 Juni 2020 | 09:51 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Aceh diguncang gempa 4,8 magnitudo, sejumlah rumah dan ruko rusak

ILUSTRASI. ilustrasi Gempa Bumi


GEMPA ACEH -  BANDA ACEH. Informasi gempa hari ini. Gempa bumi mengguncang wilayah Kota Banda Aceh dengan dengan kekuatan magnitudo 4,8, Kamis (4/2020) sekitar pukul 05.31 WIB.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,8 Mg, episenter terletak pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh dengan kedalaman 10 km.

Baca Juga: BNPB catat 1.382 bencana terjadi di Indonesia hingga akhir Mei, tidak termasuk corona

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Dhati Cipto Kuncoro dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatra pada segmen Aceh.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dan dirasakan di wilayah Sabang III MMI dan Banda Aceh serta Aceh Besar II MMI.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 6.40 WIB sudah tercatat 8 kali aktivitas gempa terdiri dari dua  gempa pembuka/gempa pendahuluan (foreshocks), kemudian disusul gempa utama (mainshock), dan selanjutnya diikuti serangkaian lima gempa susulan (aftershocks).

Sementara itu di Kota Sabang dilaporkan sebanyak 6 unit rumah dan ruko dilaporkan rusak berat dan sedang.

Baca Juga: Suara dentuman kembali terdengar, kali ini di Bandung

Editor: Noverius Laoli

Terbaru