Peristiwa

Ada 2 prajurit TNI gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Intan Jaya

Jumat, 22 Januari 2021 | 17:22 WIB Sumber: Kompas.com
Ada 2 prajurit TNI gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Intan Jaya

ILUSTRASI. Ada 2 prajurit TNI gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Intan Jaya.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. - Dua prajurit TNI dari Yonif R 400/BR gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1/2021).

Dua prajurit tersebut yakni, Pratu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani.

"KKB di Papua kembali melakukan aksi terornya dengan menembaki prajurit TNI dari Yonif R 400/BR yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur," ujar Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kogabwilahan III) Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa, dalam keterangan tertulis, Jumat sore.

Suriastawa menjelaskan, Pratu Roy gugur diterjang peluru dari anggota KKB yang berjarak 200 meter. Saat penembakan terjadi, Pratu Roy dilaporkan baru melaksanakan salat Subuh.

Sementara, Pratu Dedi meninggal saat melakukan pengejaran KKB. Pratu Dedi mengejar KKB setelah Pos Titigi menjadi sasaran penembakan.

Baca Juga: Begini detik-detik baku tembak TNI-Polri dengan KKB di area Freeport, Papua

"Korban juga ditembaki secara membabi buta dari arah ketinggian di hutan yang terletak antara Kampung Sugapa Lama dan Kampung Hitadipa," ucap Suriastawa.

Suriastawa mengatakan, keduanya meninggal ketika petugas tengah mengevakuasi ke Timika menggunakan helikoter Caracal. Peristiwa ini menambah daftar panjang ketegangan antara TNI dan KKB. Akibat kontak senjata, tak sedikit nyawa yang berguguran dari kedua belah pihak. (Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Senjata dengan KKB di Intan Jaya"

Selanjutnya: HUT ke-75 TNI, Jokowi anugerahkan tanda kehormatan kepada tiga prajurit

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru