Ada debat capres, polisi siapkan rute pengalihan arus lalu lintas

Kamis, 17 Januari 2019 | 14:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ada debat capres, polisi siapkan rute pengalihan arus lalu lintas


LALU LINTAS - JAKARTA. Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rute pengalihan arus lalu lintas (lalin) saat penyelenggaraan debat perdana calon presiden-calon wakil presiden di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam nanti. 

Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan, pengalihan arus akan dilakukan situasional, dengan melihat kepadatan lalu lintas menuju lokasi debat. 

"Itu bersifat situasional, kalau situasi dan kondisinya kondusif, tentunya ya normatif saja," ujar Sudarmanto saat dihubungi, Kamis. 

Rute pengalihan lalin yang telah disiapkan yaitu: 

- Arus di pertigaan Kalibata dari arah Pasar Minggu dialihkan ke kanan ke arah lampu merah Jambul Dewi Sartika. Di pertigaan Duren Tiga, apabila tidak ada kepadatan lalu lintas dari Kalibata, arus dibelokkan ke kiri. 

- Arus dari Duren Tiga dibelokkan ke kanan ke arah Kalibata. 

- Kendaraan dari arah Pancoran menuju Jalan Gatot Subroto dialihkan ke Jalan Dr Soepomo. 

Sudarmanto mengatakan, pihaknya juga menyiapkan pengamanan rute jalan bagi kedua paslon capres dan cawapres, mulai dari lokasi mereka berangkat hingga ke Hotel Bidakara. 

"Kami siapkan pengamanan rute di jalan," ujar Sudarmanto. 

Sebanyak 2.000 personel gabungan dari TNI/Polri dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan debat. Polda Metro Jaya menyiapkan empat lapis penjagaan. 

Lapis pertama berada di ruang debat. Lapis kedua di luar ruang debat atau dalam gedung, lapis ketiga di halaman gedung, dan lapis keempat di jalan mengarah ke Hotel Bidakara. 

Debat Pilpres 2019 akan digelar sebanyak lima kali. Debat pertama digelar pada 17 Januari 2019. Pesertanya adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tema yang diangkat yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Debat pertama akan disiarkan TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV. (Kontributor Jakarta, David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Polisi Siapkan Rute Pengalihan Arus Lalin Saat Debat Capres"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru