kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ada insentif pajak, BMW: Akan menarik pelanggan untuk menggunakan kendaraan listrik


Senin, 28 Oktober 2019 / 15:39 WIB
Ada insentif pajak, BMW: Akan menarik pelanggan untuk menggunakan kendaraan listrik
Pengunjung mengamati mobil listrik BMW i3s di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Serpong, Banten, Kamis (25/7)

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mobil dan sepeda motor listrik di wilayah DKI Jakarta sepertinya akan dijual dengan harga lebih murah, setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk membebaskan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan tersebut. 

Hal ini diungkap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran Senayan, Minggu (27/10). Ia mengatakan, cara ini diambil untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik khususnya bagi masyarakat Jakarta. 

Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’tania, mendukung kebijakan tersebut. Menurutnya, hal ini akan mendorong penggunaan kendaraan berbasis listrik.

Baca Juga: Menikmati Jakarta lewat Electric Jakarta Marathon 2019

“Sebagai satu-satunya brand premium yang menjual secara resmi kendaraan full listrik, BMW Indonesia menyambut positif dukungan dari pemerintah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (28/10). 

“Dengan memberikan insentif monetary pastinya akan semakin menarik minat pelanggan untuk menggunakan kendaraan listrik,” kata Jodie. 

Untuk diketahui, saat ini BMW punya beberapa line-up mobil listrik. Paling terjangkau ada BMW i3 yang dihargai sekitar Rp 1,3 miliar. Sementara BMW i8 tersedia dua varian, model coupe dibanderol sekitar Rp 3,6 miliar dan model roadster sekitar Rp 3,9 miliar. 

Baca Juga: Tesla mulai jual kendaraan listrik autopilot buatan China

Menurut Jodie, dengan aturan BBN-KB yang baru, konsumen akan diuntungkan dengan skema pajak lebih murah. “Hal ini berpengaruh terhadap harga pajak yang harus ditanggung oleh pelanggan. Otomatis harga on the road lebih terjangkau,” ucapnya. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Akan Gratiskan BBN-KB, Harga Mobil Listrik BMW Bisa Lebih Murah"




TERBARU

×