Jabodetabek

Ada PSBB, volume kendaraan di DKI Jakarta turun 20%

Minggu, 27 September 2020 | 08:34 WIB Sumber: Kompas.com
Ada PSBB, volume kendaraan di DKI Jakarta turun 20%

ILUSTRASI. Lalu lintas di Bundaran HI, Jakarta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta kembali diperpanjang selama dua minggu ke depan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk melaksanakan lagi PSBB ketat hingga 11 Oktober 2020 mendatang. Sebelumnya PSBB tahap kedua telah berlangsung selama dua pekan, dari 14 sampai 27 Oktober 2020. 

Pada dua minggu penerapan PSBB tahap kedua, Polda Metro Jaya mencatat arus lalu lintas di wilayah Ibu Kota mengalami penurunan signifikan. 

“Selama PSBB ketat itu turun hingga 20%, dibandingkan sebelum PSBB ketat,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dalam laman NTMC Polri (26/9). 

Baca Juga: Hati-hati, face shield tak benar-benar mencegah virus Corona

Sambodo mengatakan, penurunan terjadi semenjak PSBB tahap kedua diberlakukan pada 14 September lalu, sampai saat ini. Menurutnya, penurunan volume kendaraan bisa terlihat dari lengangnya jalan-jalan di Jakarta pada hari kerja. 

Ia juga menambahkan, penurunan arus kendaraan disebabkan beberapa hal. Mulai dari banyaknya kantor yang memberlakukan kerja dari rumah, sampai anak-anak yang belum masuk sekolah. 

“Masih perlu dianalisa penyebab penurunannya, mungkin juga karena kantor banyak yang tutup,” kata Sambodo. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB Tahap Kedua, Kemacetan di Jakarta Turun 20 Persen".

 

Selanjutnya: Pelemahan kurs rupiah diprediksi masih berlanjut hingga pekan depan

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru