Agar Terhindar dari Macet Parah, Pilih Tanggal Ini untuk Mudik Lebaran

Jumat, 22 April 2022 | 10:00 WIB Sumber: Kompas.com
Agar Terhindar dari Macet Parah, Pilih Tanggal Ini untuk Mudik Lebaran


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan momentum mudik lebih awal yakni mulai hari ini, Jumat (22/4/2022). Imbauan tersebut dikeluarkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Hal ini guna mengurangi potensi kemacetan jelang Hari Raya Idul Fitri. 

"Kami usulkan tanggal 22 April sudah mulai berangkat, karena untuk penyebaran berangkat masyarakat pada hari-hari sampai menjelang Idul Fitri. Jadi dengan membagi semakin banyak waktu berangkat, semakin sedikit beban yang ada di jalan," ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam konferensi pers, Kamis (21/4/2022). 

Ia mengungkapkan, Polri telah memprediksi sebanyak 85,5 juta masyarakat akan pulang ke kampung halamannya. Sebanyak 47 persen pemudik akan mudik melalui jalur darat. 

Jumlah kendaraan yang melalui jalur darat diperkirakan mencapai 17 juta roda dua, sementara untuk roda empat ke atas diperkirakan mencapai 23 juta kendaraan. 

Polri memperkirakan tidak semua kendaraan roda empat tersebut bisa ditampung di jalan tol saat mudik. Oleh karena itu, Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, seperti ganjil genap (gage), one way, contra flow, dan pembatasan waktu operasi kendaraan berat. 

Baca Juga: Mudik Gratis 2022 dengan Kereta Api untuk Pemilik Motor, Ini Link & Cara Daftar

"Perlu kami sampaikan agar masyarakat bisa paham, yang menjadi dasar pertimbangan kami menerapkan kebijakan ini untuk menambah kapasitas jalan maupun mengurangi jumlah volume kendaraan yang ada di jalan. Tujuannya adalah kelancaran lalin (lalu lintas) itu sendiri," jelas Firman. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga masyarakat untuk pulang ke kampung halaman dengan menghidari puncak arus mudik yang akan terjadi pada 28, 29, dan 30 April 2022. Ini untuk mengurangi kepadatan di satu hari tertentu. 

Baca Juga: 2 Cara Melihat Jalan Macet lewat Google Maps dengan Mudah

"Saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja. Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak," kata Jokowi dalam keterangan video pada YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masyarakat Diimbau Mudik mulai 22 April 2022 agar Kurangi Potensi Kemacetan"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru