Agus: Ahok matikan kreativitas birokrat

Jumat, 27 Januari 2017 | 22:02 WIB Sumber: Kompas.com
Agus: Ahok matikan kreativitas birokrat


JAKARTA. Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono, mengkritik gaya kepemimpinan calon petahana gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Menurut Agus, Ahok membuat para birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta takut. 

“Saya menduga birokrasi yang dibangun selama ini penuh dengan rasa takut, diancam kamu dicopot, dimutasi, dipindahkan, dipenjarakan, dipamerkan ke depan publik, harga dirinya dihancurkan, padahal punya saudara, teman, kerabat, tidak dipedulikan itu semua karena alasannya ingin meningkatkan kerja birokrat,” ujar Agus, dalam debat kedua Pilkada DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakata Selatan, Jumat (27/1) malam. 

Akibatnya, kata Agus, banyak masalah di Jakarta yang tidak terungkap. Menurut Agus, birokrat di Jakarta takut melaporkan masalah di wilayahnya karena takut kepada Ahok. 

“Kalau anak buah kita, birokrat di bawah kita serba takut, dia akan sangat mudah memberikan laporan ABS, asal bapak suka. Yang masih rusak, kotor, enggak dilaporkan karena takut,” kata Agus. 

Menurut Agus, sistem birokrasi yang dibangun Ahok bersifat impulsif, represif, dan tidak konstruktif sehingga menenggelamkan kreativitas birokrat. 

“Ranking kinerja aparatur sipil negara di Jakarta nomor 16 dari 34 provinsi, di bawah NTT. Padahal, anggaran begitu besar, segalanya ada di Jakarta. Menurut saya, ini ada kaitannya bahwa kepemimpinan dan manajemen yang selalu dilakukan dengan cara impulsif dan represif akan mematikan kreativitas,” ucap Agus. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru