Ahmad Riza Patria Mundur, Marshel Widianto Batal Jadi Balon Wakil Walikota Tangsel

Rabu, 28 Agustus 2024 | 11:26 WIB Sumber: Kompas.com
Ahmad Riza Patria Mundur, Marshel Widianto Batal Jadi Balon Wakil Walikota Tangsel

ILUSTRASI. Bakal calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel), Ahmad Riza Patria, mundur dari pencalonannya pada Pilkada Tangsel 2024.


PILKADA - TANGERANG SELATAN. Peta pilkada di Kota Tangerang Selatan berubah. Bakal calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel), Ahmad Riza Patria, mundur dari pencalonannya pada Pilkada Tangsel 2024.

Hal itu dibenarkan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Diketahui, Demokrat merupakan salah satu partai pendukung Ariza dan pasangannya, Marshel Widianto, pada Pilkada Tangsel.

"Informasi mundurnya Pak Ariza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar," ujar Kamhar dalam keterangannya, Rabu (28/8/2024).

Hal itu menjadi alasan Partai Demokrat membatalkan dukungannya untuk Ariza-Marshel. Oleh karena itu, partainya beralih dukungan ke paslon lain, yakni Benyamin Davnie-Pilar Saga.

Baca Juga: Batal Usung Marshel - Riza, PKS Pilih Ruhamaben dan Shinta

Kamhar mengatakan, awalnya, Partai Demokrat hendak melabuhkan dukungan ke Benyamin-Pilar. Namun, mereka akhirnya beralih ke pasangan Ariza-Marshel lewat surat rekomendasi yang diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Sabtu (20/7/2024).

Bahkan, AHY menyebutkan, surat rekomendasi yang diberikan untuk Ariza-Marshel bersifat final dan sudah memberikan formulir B1-KWK ke pasangan tersebut.

Namun, pada hari kedua pendaftaran, dukungan itu pun kembali ke mode awal, yakni kepada pasangan petahana dari Partai Golkar, Benyamin-Pilar.

"Ini dinamika yang lazim terjadi pada Pilkada, sering perubahan dan pergeseran itu terjadi di menit-menit terakhir," kata dia.

"Sesungguhnya ini balik ke opsi awal dengan mengakomodir aspirasi struktur partai di seluruh tingkatan serta konstituen Partai Demokrat di Tangerang Selatan," kata Kamhar.

Sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Tangsel Julham Firdaus menjelaskan, dirinya mendapat amanah dari partainya untuk menerima formulir B1-KWK terbaru dan menyerahkannya kepada pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

"Sebelumnya itu rekomendasi diberikan kepada Riza dan Marshel. Hari ini saya diberikan langsung B1-KWK untuk melakukan komunikasi dan dukungan kepada pak Ben-Pilar," ujar Julham Firdaus dalam keterangannya, Selasa (27/8/2024).

Ia beralasan, dinamika politik sangat dinamis sehingga DPP Demokrat memilih untuk mencabut dukungannya dari Ariza-Marshel.

Selain itu, langkah tersebut diambil berdasarkan perintah dari DPP Demokrat yang meminta DPC untuk memperbarui formulir B1-KWK. Bahkan, formulir itu yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

"Saya sudah terima surat B1-KWK langsung dari DPP yang ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderal," kata dia.

Baca Juga: Dukung Marshel Widianto, Demokrat: Kita Kasih Kesempatan Orang Berbuat Baik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahmad Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel 2024".

Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/28/08511461/ahmad-riza-patria-mundur-dari-pilkada-tangsel-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru