Ahok tak hadiri rapat reklamasi, DPR jengkel

Rabu, 20 April 2016 | 12:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok tak hadiri rapat reklamasi, DPR jengkel


JAKARTA. Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diundang oleh Komisi VII DPR RI dalam rapat terkait reklamasi Teluk Jakarta di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4).

Namun, Ahok tak bisa datang. Sejumlah anggota Komisi VII pun mengungkapkan kekesalannya karena ketidakhadiran Ahok.

Anggota Komisi VII Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Joko Purwanto menganggap pemerintah provinsi DKI tak menghargai undangan DPR. Dia bahkan sempat mengusir Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Oswar Muadzin Mungkasa yang mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rapat tersebut.

"Masa DKI yang hadir cuma deputi, (perwakilan Pemprov) DKI sebaiknya keluar saja," katanya.

Anggota Komisi VII dari Fraksi Demokrat Mat Nasir mengutarakan jika Ahok berhalangan hadir, Pemprov DKI setidaknya mengirimkan Wakil Gubernur Djarot Saeful Hidayat.

"Ini Djarot ke mana? Ahok ke mana? Ini DPR RI yang undang mereka, bukan camat bukan lurah," kata dia.

Wakil Ketua Komisi VII DPR sekaligus pimpinan rapat Gus Irawan Pasaribu membandingkan sikap Ahok dengan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Siti Nurbaya yang hadir dalam rapat.

Menurut Anggota Fraksi Gerindra ini, Siti selalu kooperatif dan selalu memenuhi undangan Komisi VII DPR.

"Kami apresiasi Ibu Menteri," kata Gus Irawan.

Dia pun akhirnya menyudahi interupsi yang dilakukan para anggota di awal rapat dan mempersilakan Menteri Siti untuk memberikan penjelasan terkait reklamasi Teluk Jakarta.

Sementara itu, Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Oswar Muadzin Mungkasa tetap duduk di tempatnya mendengarkan penjelasan Menteri Siti. Dalam rapat ini, juga hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (Ihsanuddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru