Aktivitas bandara di Banjarmasin kembali terganggu kabut asap, 7 pesawat delay

Senin, 23 September 2019 | 15:59 WIB Sumber: Kompas.com
Aktivitas bandara di Banjarmasin kembali terganggu kabut asap, 7 pesawat delay

ILUSTRASI. Bandara Sultan Thaha Jambi diselimuti kabut asap


KABUT ASAP - BANJARMASIN. Kabut asap pekat yang menyelimuti Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), membuat sejumlah penerbangan terganggu.

Sebanyak 7 penerbangan mengalami penundaan keberangkatan atau delay akibat jarak pandang di landasan pacu hanya 400 meter.

"Ada 7 penerbangan yang terdampak, visibility (jarak pandang) di runway hanya 400 meter," ujar Aditya Putra Patria saat dihubungi, Senin (23/9).

Baca Juga: BPPT: Operasi modifikasi cuaca di Jambi dilakukan mulai hari ini

Menurut Aditya, waktu penundaan bervariasi, mulai 1 hingga 2 jam menunggu kabut asap mereda. Para penumpang tetap berada di dalam pesawat untuk menghindari penumpukan di ruang tunggu bandara.

"Paling lama 2 jam, setelah itu normal kembali setelah kabut asap menipis dan visibility di atas 1.000 meter," tambah Aditya.

Selain mengganggu jadwal keberangkatan, kabut asap juga mengganggu jadwal kedatangan. Tercatat, ada 7 penerbangan yang sedianya mendarat di Bandara Syamsuddin Noor, terpaksa batal berangkat dan menunggu di bandara asal.

"Jadwal kedatangan juga terdampak, ada 7 penerbangan yang akan ke Banjarmasin harus stay di bandara asal," lanjut Aditya.

Baca Juga: Update karhutla, sebanyak 2.288 titik api terpantau di seluruh Indonesia

Penerbangan berangsur normal setelah jarak pandang di landasan pacu sudah di atas 1.000 meter. Kabut asap yang menyelimuti Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, berasal dari kebakaran lahan yang tak jauh dari areal bandara.

Setidaknya ada 3 titik karhutla yang diketahui menyumbang asap di Bandara Syamsuddin Noor. Ketiga titik tersebut berada di daerah Trikora, Pengayuan, dan yang terparah adalah Guntung Damar.

Gangguan jadwal penerbangan akibat kabut asap di Bandara Syamsuddin Noor pernah terjadi pada Rabu (18/9) lalu. Jarak pandang di landasan pacu sempat berada di angka 100 meter.

Baca Juga: KLHK segel 9.000 ha lahan milik perusahaan terkait kebakaran hutan dan lahan

Akibatnya, 6 penerbangan dengan tujuan ke berbagai kota terpaksa ditunda menunggu kabut asap mereda. Penumpang diminta tetap tinggal di pesawat selama 2 hingga 3 jam untuk menghindari penumpukan di ruang tunggu bandara. (Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabut Asap Kembali Ganggu Aktivitas Bandara di Banjarmasin, 7 Pesawat "Delay"",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru