Alasan MRT diusulkan sampai Tangerang Selatan

Rabu, 04 Desember 2019 | 07:17 WIB Sumber: Kompas.com
Alasan MRT diusulkan sampai Tangerang Selatan

ILUSTRASI. Pendapatan MRT: Gerbong kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (29/10).MRT Jakarta menargetkan pendapatan non tiket sebesar Rp 100 miliar dan menargetkan pendapatan non tiket mencapai Rp 150 miliar di tahun 2020


MRT - JAKARTA. Jalur Mass Rapid Transit ( MRT) koridor Selatan-Utara diteruskan ke wilayah Tangerang Selatan. Hal tersebut dilakukan karena banyak masyarakat Tangerang Selatan yang melakukan aktivitasnya di kawasan DKI Jakarta.

"Kalau dihitung lalu lintas harian rata-rata di Tangsel sudah terlalu tinggi. Mobilitas penduduk Tangsel hampir 70 persen ke Jakarta," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat ditemui di Pemkot Tangsel, Selasa (3/12).

Baca Juga: MRT Jakarta IPO dan Bagi Dividen Tahun 2022, Simak Strategi dan Proyeksi Bisnisnya

Karena itu, kata Benyamin, transportasi massal menjadi salah satu alternatif untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas.

"Dari Senin sampai Jumat. Jadi kebutuhan angkutan massal berorientasikan ke Jakarta itu sangat tinggi menurut kajian Dinas Perhubungan, tapi saya lupa angkanya," ucap dia.

Sampai saat ini, Pemkot Tangsel belum melakukan komunikasi tentang rencana diteruskan MRT. Namun, kata Benyamin, dalam rapat dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada sekitar satu tahun yang lalu telah membahas masalah keuangan.

Baca Juga: Bidik laba Rp 250 miliar tahun depan, begini langkah MRT Jakarta

"Belum ada komunikasi (lagi) dengan BPTJ rapat terakhir itu sudah lama banget satu tahun yang lalu tapi sudah skema keuangan," tutur dia.

Rencananya, rute MRT Jakarta akan diperpanjang masuk kawasan Tangerang Selatan. Sejumlah stasiun yang direncanakan yakni Stasiun Lebak Bulus, Stasiu UMJ, Stasiun UIN, Stasiun Pasar Ciputat.

Selain itu, Stasiun Pustekkom, Stasiun Pondok Cabe, Stasiun Pamulang Barat, Stasiun Pondol Benda, Stasiun Babakan, Stasiun Puspitek, Stasiun Rawa Buntu, dan Stasiun Tangerang. (Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MRT Diusulkan Masuk Tangsel, Ini Alasannya...",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru