Anies: 210 orang dibawa ke rumah sakit saat kerusuhan demonstrasi di DPR

Selasa, 01 Oktober 2019 | 10:52 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: 210 orang dibawa ke rumah sakit saat kerusuhan demonstrasi di DPR

ILUSTRASI. Kericuhan unjuk rasa menolak UU KPK dan pengesahan RUU KUHP


DEMONSTRASI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, sebanyak 210 orang dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans yang disiagakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat kerusuhan di sekitar Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9). Jumlah ini berdasarkan data yang Ia terima pada Senin (1/10) pukul 07.30 WIB.

"Data per tadi pagi jam 7.30 pagi ini, ada 210 orang yang dibawa dengan menggunakan kendaraan ambulans untuk dibawa ke rumah sakit, tapi yang harus rawat inap hanya 15 orang," kata Anies di Lapangan Sisi Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Menurut Anies, para korban lebih banyak dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan. Terkait fasilitas publik, Ia menyebut, petugas dari PPSU maupun dinas lainnya langsung bekerja agar jalan-jalan layak dilewati.

Baca Juga: Drama 7 jam aksi demonstran yang berakhir rusuh di sekitar Gedung DPR

Salah satu contohnya adalah memperbaiki pembatas beton di jalur Transjakarta yang rusak maupun berubah posisi akibat aksi demonstran.

"Jadi dari malam mereka semua bekerja. Tim kebersihan bekerja all out, kita mengerahkan lebih dari 200 orang. 200 orang itu bertahan di dalam kompleks GBK sampai kondisi sudah tenang, begitu kondisi tenang mereka langsung membersihkan semuanya," ujarnya.

"Sweeper-sweeper kita juga bekerja, jadi tadi malam saat semua kita barangkali sudah istirahat, tim bekerja membersihkan," tambah Anies.

Sebelumnya, ia mengimbau para aparat penegak hukum di lokasi untuk bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Menurut dia, dengan mengikuti SOP, maka mereka telah melaksanakan tugas negara dengan baik.

Baca Juga: Polisi: Pelajar diiming-imingi Rp 40 ribu untuk bergerak ke DPR

"Yang disebut petugas kata-katanya dan tindakannya atas nama negara, karena itu harus mengikuti SOP yang baik," ujar Anies.

Demonstrasi di sekitar Gedung DPR RI pada Senin kemarin, berujung kerusuhan. Peserta aksi dan aparat kepolisian terlibat bentrok mulai pukul 16.38 WIB hingga sekitar 23.00 WIB.

Polisi menembakkan gas air mata yang juga dibalas lemparan batu oleh demonstran. Akibatnya sejumlah peserta aksi diamankan karena diduga sebagai provokator. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusuh di Sekitar Gedung DPR, 210 Orang Dibawa ke Rumah Sakit",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru