Tahun depan, Anies bangun kembali Kampung Akuarium yang digusur Ahok

Selasa, 08 Oktober 2019 | 13:33 WIB Sumber: Kompas.com
Tahun depan, Anies bangun kembali Kampung Akuarium yang digusur Ahok

ILUSTRASI. KAMPUNG AKUARIUM KEMBALI BERDIRI


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan akan membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, pada 2020. Permukiman warga itu digusur Pemprov DKI era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) pada 2016.

"Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi," ujar Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dihubungi, Selasa (8/10).

Baca Juga: A year in office, Anies gets mixed reviews

Pemprov DKI Jakarta, kata Triyanto, saat ini sedang melelang rencana desain (detail engineering design atau DED).

Desain itu untuk mengembangkan konsep penataan yang telah diusulkan warga Kampung Akuarium dalam program penataan kampung dengan community action plan (CAP).  "Saat ini lagi pelelangan DED-nya," kata dia.

Triyanto menyampaikan, anggaran pembangunan Kampung Akuarium akan diketahui setelah Pemprov DKI mendapatkan pemenang lelang DED. "Itu lelang perencanaan, anggarannya nanti kalau sudah selesai DED-nya," ucap Triyanto.

Pemprov DKI era kepemimpinan Ahok menggusur Kampung Akuarium pada 11 April 2016. Saat menjadi gubernur, Anies kemudian berjanji akan membangun ulang kampung tersebut.

Baca Juga: Seluruh anggota TGUPP DKI Jakarta kini non-PNS

Sebelum membangun ulang kampung, Pemprov DKI telah mengaktifkan kembali kartu tanda penduduk (KTP) warga Kampung Akuarium sejak awal 2018. Pemprov DKI juga membangun hunian sementara untuk warga pada April 2018. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahun Depan, Anies Bangun Kembali Kampung Akuarium yang Digusur Ahok",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru