Anies Baswedan: Banjir cepat kering karena antisipasi telah dilakukan Pemprov DKI

Minggu, 21 Februari 2021 | 18:00 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Banjir cepat kering karena antisipasi telah dilakukan Pemprov DKI

ILUSTRASI. Gubernur DKI Anies Baswedan bilang, banjir di Jakarta pada akhir pekan cepat kering karena antisipasi telah dilakukan Pemprov Jakarta.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banjir di Jakarta pada akhir pekan cepat kering karena antisipasi yang telah dilakukan oleh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Alhamdulillah antisipasi itu sudah dilakukan dari kemarin. Atas izin Allah, satu hari kering. Kenapa? Karena jajaran dalam posisi siaga. Sudah dari awal ditentukan RT-RT, RW-RW yang berisiko, begitu terjadi genangan maka langsung pompa dikerahkan, tenaga dikerahkan, pengawasan,” kata Anies saat meninjau kawasan Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Minggu (21/2) sore.

Menurut Anies, Jakarta sudah relatif normal dalam satu hari pasca-banjir. Meskipun demikian, ia tak menampik masih ada wilayah di Jakarta yang digenangi banjir.

“Apakah 100 persen? Belum. Di kawasan Jakbar sekitar Kali Angke, di sana air kiriman dari hulu masih jalan. Itu yang masih mebuat terjadi genangan, tetapi insya Allah kita siap, dan saya imbau ke seluruh masyarakat untuk juga waspada seperti imbauan dari BMKG,” ujar Anies.

Baca Juga: Gubernur Anies: Banjir di Jakarta karena air kiriman dari Depok

Hujan yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah titik.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto memaparkan, sebanyak 29 RW terdampak di Jakarta Selatan yang terdiri dari 44 RT, dengan ketinggian 40-150 cm, dan terdapat pengungsi sebanyak 7 KK dengan total 19 jiwa.

Sementara itu, di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak yang terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40-180 cm, dan 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Selain itu, di Jakarta Barat sejumlah 4 RW dan 6 RT terdampak.

"Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak, dengan persentase RT terdampak sebesar 0,633 persen," kata Sabdo dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Siap-siap, DKI Jakarta diprediksi masih hujan lebat hingga seminggu ke depan

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Icha Rastika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banjir di Jakarta, Anies Baswedan: Atas Izin Allah, Satu Hari Kering".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru