Anies Baswedan: Jakarta tak pernah memanipulasi data Covid-19

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 15:10 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Jakarta tak pernah memanipulasi data Covid-19


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pihaknya tidak pernah memanipulasi data Covid-19. Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri peluncuran buku Negara Bangsa di Simpang Jalan yang ditulis wartawan senior Kompas Budiman Tanuredjo, Sabtu (7/8/2021).

Anies awalnya menyebut buku Budiman sebagai tester untuk mengetes kesehatan kewarasan bangsa.

"Karena tester, dia harus obyektif dan jujur, dan kejujuran ini yang dijaga. Jujur dalam masa pandemi ini benar-benar diberikan tempatnya," kata Anies dalam acara yang digelar secara virtual itu.

Baca Juga: Vaksinasi corona terlambat dari jadwal? Jangan khawatir, ini penjelasan ahlinya

Anies lalu menekankan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak awal pandemi hingga saat ini tidak pernah memanipulasi data.

Sebab, ia menyadari bahwa kejujuran adalah kunci penanganan pandemi Covid-19.

"Tak mungkin pandemi ini diselesaikan tanpa jujur. Kami di DKI Jakarta dari awal tak akan menambah data dan tak akan mengurangi," kata Anies.

Jika kondisi penularan Covid-19 sedang tidak baik-baik saja, Pemprov DKI akan menyatakan bahwa sedang ada masalah.

Sebaliknya, jika kondisi sedang baik, Pemprov juga akan menyampaikan sesuai fakta yang terjadi. "Apa adanya. Transparansi jadi kunci Kebijakan tak mungkin bisa dibuat dengan data yang tidak transparan," ucap Anies.

Sampai Jumat (6/8/2021), Pemprov DKI melaporkan masih ada penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 2.185 kasus berdasarkan hasil pemeriksaan PCR 20.068 orang.

Penambahan itu menyebabkan jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 827.842 kasus. Dari jumlah itu, pasien sembuh berjumlah 802.373 orang.

Adapun pasien meninggal dunia sebanyak 12.682 orang. Kini, pasien yang tengah dirawat atau menjalani isolasi mandiri sebanyak 12.787 orang.

Baca Juga: Vaksinasi corona di Jakarta 8 juta Kamis (5/8), target Gubernur Anies segera tercapai

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Pastikan Jakarta Tak Pernah Manipulasi Data Covid-19".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru