Anies Baswedan: Kapasitas hotel untuk isolasi pasien Covid-19 hanya 21%

Rabu, 04 November 2020 | 07:42 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Kapasitas hotel untuk isolasi pasien Covid-19 hanya 21%

ILUSTRASI. Saat ini, kapasitas hotel yang digunakan untuk mengisolasi pasien positif Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) hanya terisi 21%. REUTERS/Yuddy Cahya Budiman


COVID-19 - JAKARTA. Saat ini, kapasitas hotel yang digunakan untuk mengisolasi pasien positif Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) hanya terisi 21%. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Asal tahu saja, ada tiga hotel yang menjadi tempat isolasi pasien OTG, yakni Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara; U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat; dan Ibis Senen di Jakarta Pusat. 

"Tempat-tempat isolasi hotel itu tingkat keterisiannya hanya 21% sekarang. Kita bersyukur bahwa angka kasus positifnya menurun," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, seperti dikutip Antara.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan bahwa tingkat keterisian tempat tidur bagi pasien OTG di hotel pernah mencapai 60%, tapi kini menurun jadi 21%. "Pernah mencapai lebih dari 60%, saat ini hanya 21%," katanya. 

Baca Juga: Per Selasa (3/11), pasien sembuh corona menjadi 349.497 orang

Di samping itu, kata Anies, tingkat keterisian ruang rawat inap isolasi pasien Covid-19 di Jakarta sebesar 55 persen, sedangkan untuk ICU terisi 58 persen. 

"Tentu kami enggak berharap ini melonjak, tapi kami pastikan bahwa kapasitasnya ada," tutur Anies. 

Dia mengharapkan kasus Covid-19 di Jakarta ini tak mengendorkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. "Jadi kita waspada dan kepada seluruh masyarakat tetap menggunakan masker di mana pun, kapan pun, dan tetap jaga jarak dan cuci tangan teratur," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Kapasitas Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 Hanya Terisi 21 Persen"

Editor : Nursita Sari

 

Selanjutnya: Jangan takut ke RS, semua biaya pasien Covid-19 ditanggung pemerintah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru