Anies Baswedan: Kita bersiap untuk Formula E pada 4 Juni

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:06 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Kita bersiap untuk Formula E pada 4 Juni

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan


FORMULA E - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penetapan Ibu Kota sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E tahun depan. Ia memastikan bahwa Pemprov DKI segera bersiap untuk menyelenggarakan ajang balap tersebut.

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni, tanggal 4, tahun 2022," kata Anies di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Namun, Anies enggan menjawab saat ditanya lebih jauh mengenai lokasi balap. Menurut dia, hal itu akan diumumkan oleh FEO Limited selaku penyelenggara Formula.

FEO, lanjut dia, juga sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi. "Sudah semuanya, sudah dikerjakan," ujar dia.

Baca Juga: Jakarta resmi jadi tuan rumah Formula E, sejajar New York, London, Monaco & Berlin

Jakarta resmi ditetapkan menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris pada Jumat (15/10/2021), sekaligus meratifikasi kalender balapan musim kedelapan tahun 2021/2022.

Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Lebih lanjut, Longo mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan. Sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo, dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: Polemik Formula E, Pemprov DKI Jakarta ungkap 12 fakta, nomor 11 ada dari BPK

Longo pun memberi ucapan selamat kepada Anies yang mengaitkan Formula E dengan program Jakarta Langit Biru untuk mewujudkan udara yang bersih.

Longo mengatakan, Anies telah mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Jakarta Bersiap untuk Formula E 4 Juni 2022"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru