Anies: Kain Waring di Kali Item itu hanya backup plan

Sabtu, 21 Juli 2018 | 12:59 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Kain Waring di Kali Item itu hanya backup plan

ILUSTRASI. Gubernur DKI Anies Baswedan usai Ratas Asian Games 2018


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pemasangan jaring atau kain waring di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, merupakan rencana cadangan yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Anies mengatakan, pihaknya tetap akan rutin membersihkan Kali Item meskipun kali tersebut telah ditutupi oleh kain waring. "Backup plan-nya itu dengan di atasnya ada jaring. Jadi usaha kami membersihkan sungai jalan terus," kata Anies di Kemayoran, Sabtu (21/7).

"Tetapi kalau kita tidak punya penutup, nanti kalau membersihkannya tidak berhasil kita tidak punya cadangan. Karena itu kita pasang dulu supaya aman," ujar dia.

Anies menambahkan, kondisi Kali Item saat ini sudah lebih baik bila dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Ia menyebut, bau tak sedap dari kali tersebut sudah jauh berkurang.

"Bagi teman-teman yang datang pertama kali ke sini mungkin merasa bau, coba datang ke sini dua-tiga bulan lalu, jauh lebih kuat. Ini sudah jauh lebih menurun," kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah memasang alat aerator dan nano bubble untuk mengurangi bau tak sedap di Kali Item. Kain waring berwarna hitam juga sudah dipasang di sepanjang Kali Item untuk mengurangi bau serta menutupi kotornya Kali Item.

Kotornya Kali Item menjadi sorotan karena letaknya yang berada tepat di samping Wisma Atlet Kemayoran sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan para Atlet Asian Games 2018. (Ardito Ramadhan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru