Anies: Kasus aktif Covid-19 di Jakarta terendah dalam satu tahun terakhir

Kamis, 20 Mei 2021 | 05:09 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Kasus aktif Covid-19 di Jakarta terendah dalam satu tahun terakhir

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan angka kasus aktif Covid-19 di Jakarta masuk dalam daftar terendah dalam waktu setahun terakhir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.


COVID-19 - JAKARTA. Angka kasus aktif Covid-19 di Jakarta masuk dalam daftar terendah dalam waktu setahun terakhir. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika mendatangi posko tes swab antigen bagi pemudik di RW 005 Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, Rabu (19/5/2021). 

"Saat ini adalah waktu di mana angka kasus aktif (Covid-19) Jakarta termasuk yang paling rendah di dalam satu tahun terakhir ini. Kita berharap kasusnya terus menurun," kata Anies. 

Anies didampingi oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan Kapolres Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan beserta jajaran. Mereka memantau pelaksanaan tes swab antigen bagi warga yang baru pulang mudik. 

Anies menjelaskan, skrining kedua bagi pemudik ini dilakukan untuk mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19 setelah arus balik. 

Baca Juga: Epidemiolog ini perkirakan akan ada ledakan kasus Covid-19 karena rendahnya testing

Saat tiba di lokasi, Anies sempat mendatangi rumah warga yang baru menjalani tes swab antigen dan menempelkan stiker di dinding rumah. Kemudian, Anies menuju posko tes swab antigen dan memantau pelaksanaannya. 

"Alhamdulilah pelaksanaannya amat baik, Pak RW 005 ini mempimpin dengan tertib dan rapi. Ini adalah contoh bagaimana kita bekerja sama dalam sebuah kolaborasi," ucapnya. 

Baca Juga: Indonesia diminta tak tiru perilaku warga Rusia hadapi pandemi Covid-19

Anies menyebutkan, dari 481 warga Sunter Agung yang mudik ke kampung halaman, 125 di antaranya sudah kembali dan menjalani swab test antigen. 

"Sejauh ini tidak ada yang positif," ujarnya. 

Anies pun memberikan apresiasi kepada para petugas yang mengambil bagian dalam pelaksanaan skrining kedua bagi pemudik di Kelurahan Sunter Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Saat Ini Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Termasuk Terendah dalam Setahun Terakhir"
Penulis : Ira Gita Natalia Sembiring
Editor : Nursita Sari

 

Selanjutnya: Waspada! Ditemukan kasus penularan lokal virus corona asal India di Jakarta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru