Anies menargetkan jalur sepeda Jakarta rampung akhir 2019

Minggu, 15 September 2019 | 09:30 WIB Sumber: Kompas.com
Anies menargetkan jalur sepeda Jakarta rampung akhir 2019

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menyiapkan jalur khusus untuk sepeda untuk mendorong masyarakat DKI menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekedar alat olahraga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI akan mengumumkan rute jalur sepeda itu saat proses perencanaan tengah matang disusun. Pembangunan rute khusus sepeda itu ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2019.

Nantinya, rute khusus sepeda itu dibuat dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan masyarakat. "Minggu lalu sudah selesai workshop-nya (rute jalur khusus sepeda). Nanti akan disampaikan secara detail saat peluncuran supaya masyarakat bisa mengetahui rute di mana saja dan cara-cara yang dilakukan supaya membuat bersepeda menjadi aman dan nyaman," kata Anies di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (15/9).

Baca Juga: Komunitas nelayan Angke berharap pembangunan di utara Jakarta berlanjut

Dalam beberapa waktu terakhir, Anies kerap beraktivitas menggunakan sepeda untuk berkantor dari rumah di Lebak Bulus, Jakarta Selatan menuju Balai Kota, Jakarta Pusat. Anies juga menggunakan sepeda untuk meninjau tempat-tempat, seperti ke kawasan Kota Tua, Hayam Wuruk, Senayan, hingga Kanal Banjir Timur (KBT).

Oleh karena itu, Anies berharap masyarakat DKI beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. "Kita harus mendorong warga menggunakan sepeda untuk alat transportasi. Sepeda bukan hanya alat olahraga, kalau alat olahraga konsekuensinya kita menempatkan ini di waktu senggang," ujar Anies.

Baca Juga: Bappenas sebut biaya pembangunan ibu kota baru masih bisa berubah

Dia juga mengatakan, Pemprov DKI akan memperbanyak tempat parkir sepeda di Jakarta. "Kita menggunakan sepeda untuk jarak-jarak mudah di lingkungan rumah dan kantor yang artinya menyiapkan parkir, menyiapkan ruang kamar mandi untuk bilas sehingga warga yang transportasi bisa nyaman," kata Anies. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul DKI Siapkan Jalur Sepeda, Anies Targetkan Rampung Akhir 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru