Jawa Barat

Antisipasi Cuaca Buruk, Wisata Pendakian Gunung Pangarango Ditutup Sampai 18 Agustus

Kamis, 15 Agustus 2024 | 13:20 WIB   Reporter: kompas.com
Antisipasi Cuaca Buruk, Wisata Pendakian Gunung Pangarango Ditutup Sampai 18 Agustus

ILUSTRASI. Wisata pendakian Gunung Pangrango di Jawa Barat ditutup sementara mulai hari ini, Kamis (15/8), sampai Minggu (18/8).


DESTINASI WISATA - JAKARTA. Wisata pendakian Gunung Pangrango di Jawa Barat ditutup sementara mulai hari ini, Kamis (15/8/2024), sampai Minggu (18/8/2024).

"Sehubungan dengan antisipasi cuaca buruk di Taman Nasional Gunung Pangrango, diberitahukan kepada seluruh calon pendaki bahwa kegiata pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum," bunyi pernyataan dari Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Agus Yulianto, melalui Surat Edaran resmi Nomor 20/BBTNGGP/Tek/B/08/2024, dikutip Kamis (15/8/2024).

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Rabu (24/7/2024), belakangan ini cuaca ekstrem terpantau melanda kawasan Gunung Gede Pangrango.

Baca Juga: Suhu Terendah Capai 1 Derajat Celsius, Dataran Tinggi Dieng Kembali Diselimuti Es

Bahkan, hal tersebut sampai menimbulkan fenomena frost atau embun yang membeku seperti es.

Fenomena yang terjadi sejak sepekan terakhir itu dipicu suhu udara yang turun drastis pada musim kemarau.

Guna mengantisipasi potensi dampak bagi pendaki, pada waktu itu pihak pengelola mengingatkan pendaki untuk melipatgandakan persiapan dan perlengkapan guna menghindari ancaman hipotermia.

“Lebih mempersiapkan diri ketika hendak melakukan pendakian karena kondisi cuaca seperti ini bisa memicu hipotermia. Idealnya membawa thermal blanket,” kata Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo saat dihubungi melalui telepon, Selasa (23/7/2024).

Ia menambahkan, selimut khusus tersebut dapat mengantisipasi ketika suhu udara ekstrem karena dirancang untuk membantu menjaga panas tubuh.

Baca Juga: Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parango Diselimuti Embun Es Sampai Akhir Juli

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendakian Gunung Pangrango Tutup Sementara sampai 18 Agustus 2024", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2024/08/15/121115527/pendakian-gunung-pangrango-tutup-sementara-sampai-18-agustus-2024.

Selanjutnya: Ini 6 Cara Mengatasi HP Terkena Air yang Benar Agar Tidak Rusak

Menarik Dibaca: 10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru