Antisipasi Kepadatan di Stasiun Manggarai, Begini Upaya KAI Commuter

Senin, 13 Februari 2023 | 15:23 WIB   Reporter: Nurtiandriyani Simamora
Antisipasi Kepadatan di Stasiun Manggarai, Begini Upaya KAI Commuter

ILUSTRASI. Antisipasi Terjadi Kepadatan di Stasiun Manggarai, KAI Commuter Akan Optimalkan 31 Perjalanan. KONTAN/Fransiskus Simbolon


TRANSPORTASI - JAKARTA. KAI Commuter akan mengoptimalkan 31 perjalanan commuterline feeder tambahan untuk antisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat transit di Stasiun Manggarai.

Untuk rincian optimalisasi perjalanan ini dilakukan sebanyak 17 perjalanan pada jam sibuk pagi hingga siang hari, dengan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP.

Sedangkan pada jam sibuk sore hingga malam, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan commuterline feeder tambahan untuk relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan dan Manggarai – Bekasi PP.

Sepanjang bulan Februari ini, KAI Commuter mencatat volume pengguna di Stasiun Manggarai sebanyak 8.099.547 orang. Sebelumnya pada hari Minggu pagi sempat terjadi kendala operasional.

Baca Juga: Awal Februari, KAI Catat Okupansi Kereta Panoramic Capai 107%

Untuk pola operasi perjalanan commuterline, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan commuterline tiap harinya yang dimulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. Tercatat juga pesebaran pengguna pada hari kerja mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB pada pagi hari dan pukul 17.00 -19.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

Khusus di Stasiun Manggarai, untuk volume pengguna sepanjang Februari 2023 ini hingga Sabtu kemarin sebanyak 151.358 orang. Dengan rata-rata volume pengguna pada hari kerja sebanyak 14.606 orang, dan sebanyak 11.503 orang tiap harinya pada hari libur. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sekitar 125 - 160 ribu orang per harinya.

Sementara untuk progres pembangunan Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sudah terealisasi 60% dan masih terus berlangsung.

Pembangunan ini sejak awal dilakukan dengan tetap melayani perjalanan kereta sebagai mobilisasi masyarakat dan merupakan lanjutan dari perubahan-perubahan sebelumnya.

"Oleh karena itu Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pembangunan ini dan terimakasih kepada pengguna yang terus mendukung adaptasi perubahan pola operasi commuterline ini dengan berbagai masukan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resminya, Senin (13/2).

Baca Juga: Apa Kabar Proyek LRT Jabodebek?

KAI Commuter bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta juga terus berkoordinasi dengan DJKA dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di area Stasiun Manggarai. Untuk meningkatkan pelayanan, KAI Commuter juga menyiagakan petugas-petugas yang akan siap melayani jika pengguna membutuhkan informasi dan bantuan.

KAI Commuter juga terus megimbau kepada seluruh pengguna commuterline yang naik-turun atau transit di Stasiun Manggarai untuk tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan. Demi kenyamanan bersama selalu ikuti arahan petugas di area stasiun. Rencanakan perjalanannya dengan tepat serta mengecek jadwal perjalanan, posisi commuterline dan kepadatan stasiun secara berkala melalui aplikasi KRL Access.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru