Apa Itu Malam Satu Suro? Ini Sejarah dan Larangan Malam Satu Suro

Jumat, 29 Juli 2022 | 15:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Malam Satu Suro? Ini Sejarah dan Larangan Malam Satu Suro

ILUSTRASI. Tradisi Malam Satu Suro. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/nz


AGAMA DAN KEPERCAYAAN -Jakarta. Malam satu Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Sura atau Suro bertepatan dengan 1 Muharram. Malam satu Suro jatuh pada tanggal 29 Juli 2022. 

Dikutip dari laman Rumah Belajar Kemdikbud, penanggalan Jawa dihitung berdasarkan penggabungan kalender lunar (Islam), kalender matahari (masehi) dan Hindu. Kalender jawa pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo 1940 tahun yang lalu, mengacu penanggalan Hijriyah (Islam).

Satu Suro biasanya diperingati pada malam hari setelah Magrib pada hari sebelum tanggal satu biasanya disebut malam satu suro. Hal ini lantaran pergantian hari sesuai kepercayaan Jawa dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam. 

Lantas, seperti apa sejarah malam satu Suro? 

Baca Juga: Berita duka, Raja Mangkunegaran Solo meninggal dunia

Sejarah dan larangan malam satu Suro

Malam 1 Suro

Sejarah malam satu Suro dimulai pada saat Sultan Agung menginginkan persatuan rakyatnya untuk menggempur Belanda di Batavia, termasuk ingin menyatukan Pulau Jawa.

Oleh karena itu, Sultan Agung ingin rakyatnya tidak terbelah, apalagi disebabkan keyakinan agama. Sultan Agung Hanyokrokusumo ingin menyatukan kelompok santri dan abangan. 

Pada setiap hari Jumat legi, dilakukan laporan pemerintahan setempat sambil dilakukan pengajian yang dilakukan oleh para penghulu kabupaten. Sekaligus dilakukan ziarah kubur dan haul ke makam Ngampel dan Giri. 

Akibatnya, 1 Muharram (1 Suro Jawa) yang dimulai pada hari Jumat legi ikut-ikut dikeramatkan pula, bahkan dianggap sial kalau ada orang yang memanfaatkan hari tersebut diluar kepentingan mengaji, ziarah, dan haul. 

Sedangkan untuk sebagian masyarakat larangan malam satu suro yakni dilarang berpergian kecuali untuk berdoa ataupun melakukan ibadah lain. 

Baca Juga: Sejarah dan profil Kota Surabaya

Tradisi peringatan malam satu Suro

Malam 1 Suro

Beberapa daerah di Jawa masih memegang tradisi perayaan malam satu Suro. Di antaranya adalah Keraton Solo dan Keraton Yogya. 

Di Solo, perayaan malam satu Suro terdapat hewan khas yang disebut kebo (kerbau) bule atau disebut Kebo Bule Kyai Slamet dan keturunannya. Leluhur kebo bule adalah hewan klangenan atau kesayangan Paku Buwono II, sejak istananya masih di Kartasura, sekitar 10 kilometer arah barat keraton yang sekarang.

Berbeda dengan perayaan di Solo, di Yogyakarta perayaan malam satu Suro biasanya selalu identik dengan membawa keris dan benda pusaka sebagai bagian dari iring-iringan kirab. 

Para abdi dalem keraton, beberapa hasil kekayaan alam berupa gunungan tumpeng serta benda pusaka menjadi sajian khas dalam iring-iringan kirab yang biasa dilakukan dalam tradisi Malam Satu Suro. 

Baca Juga: Ini tradisi-tradisi unik menyambut tahun baru Islam 1 Muharram di Indonesia

Perayaan tradisi peringatan malam satu Suro menitikberatkan pada ketentraman batin dan keselamatan. Sehingga, pada malam satu Suro biasanya selalu diselingi dengan ritual pembacaan doa dari semua umat yang hadir merayakannya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan berkah dan menangkal datangnya marabahaya.

Selain itu, masyarakat Jawa pada umumnya selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan melakukan hal kebaikan sepanjang bulan satu Suro. 

Tradisi saat malam satu suro bermacam-macam tergantung dari daerah mana memandang hal ini, sebagai contoh Tapa Bisu, atau mengunci mulut yaitu tidak mengeluarkan kata-kata selama ritual ini. 

Hal ini dapat dimaknai sebagai upacara untuk mawas diri, berkaca pada diri atas apa yang dilakoninya selama setahun penuh, menghadapi tahun baru di esok paginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru