Aparat Tangkap 2 Anggota KKB yang Diduga Akan Beli Senjata di Papua Nugini

Jumat, 20 Januari 2023 | 17:35 WIB Sumber: Kompas.com
Aparat Tangkap 2 Anggota KKB yang Diduga Akan Beli Senjata di Papua Nugini

ILUSTRASI. Aparat Tangkap 2 Anggota KKB yang Diduga Akan Beli Senjata di Papua Nugini


KONTAN.CO.ID -  JAYAPURA. Aparat menangkap dua orang yang diduga kuat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pelabuhan Iwot, Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Jumat (20/1/2023). 

Dari tangan dua orang berinisial AH (20) dan MK (22) itu polisi menyita sejumlah barang. Yakni empat pucuk senjata api jenis Harrington dan Richardson serta 18 butir amunisi.

"Yang ditangkap dua orang dengan barang bukti empat pucuk senjata api dan 18 amunisi," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat. 

Baca Juga: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Tembak Mati Pegawai Bank Papua di Sinak

Menurut dia, salah satu senjata api yang diamankan diduga telah digunakan untuk menembak anggota polisi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, beberapa waktu lalu.  Karena itu aparat meyakini bahwa kedua orang tersebut merupakan anggota KKB Yahukimo. 

"Senjata (yang diamankan) yang dipakai menyerang anggota (polisi) pada 30 November 2022 di Yahukimo, dimungkinkan (dua orang tersebut) kelompok Yahukimo," kata Faizal. 

Faizal mengungkapkan ada informasi yang menyebutkan mereka akan pergi ke Papua Nugini untuk membeli senjata api. 

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Buktikan Janjinya Temukan KKB Pembunuh Sertu Eka dan Istri

Hal ini diperkuat dengan adanya barang bukti uang Rp 3,8 juta yang disita dari kedua orang tersebut. "Mereka mau ambil senjata dari PNG," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Akan Beli Senjata di Papua Nugini, 2 Anggota KKB Ditangkap di Boven Digoel", 
Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi
Editor : Pythag Kurniati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru