Bahas PSBB, Khofifah panggil Risma dan 2 kepala daerah lain di Surabaya Raya

Sabtu, 18 April 2020 | 23:05 WIB Sumber: Kompas.com
Bahas PSBB, Khofifah panggil Risma dan 2 kepala daerah lain di Surabaya Raya


VIRUS CORONA - SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan memanggil tiga kepala daerah di wilayah Surabaya Raya untuk membahas kemungkinan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Ketiga kepala daerah dimaksud adalah Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Baca Juga: Terbanyak di Surabaya, kasus corona di Jawa Timur bertambah 33 orang

Di ketiga daerah yang wilayahnya berdekatan secara geografis itu, terjadi kenaikan signifikan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir. 

"Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur akan memanggil ketiga kepala daerah tersebut Bersama Forkopimda, Minggu besok di Gedung Grahadi," kata Khofifah saat memberikan keterangan pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (18/4) malam. 

Data per Jumat (17/4), penyebaran kasus Covid-19 merata di 31 kecamatan di Surabaya dengan jumlah 270 kasus, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 703 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.806 orang. 

"Dalam catatan, konfirmasi positif setiap hari yang berasal dari PDP rata-rata 50%-60%," ujar Khofifah. 

Baca Juga: Bendung Katulampa siaga II, warga Jakarta diminta waspada

Sementara di Gresik dan Sidoarjo, dua daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Surabaya ini juga menunjukkan kenaikan kasus Covid-19 yang signifikan. Dari 18 kecamatan di Gresik, saat ini 11 kecamatan telah memiliki kasus positif Covid-19. 

Hingga Jumat, yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 20 orang, PDP 102 orang, dan ODP berjumlah 1.073 orang. Sementara dari 18 kecamatan di Sidoarjo, saat ini 14 kecamatan telah memiliki kasus positif berjumlah 55 orang, PDP 118 orang, dan ODP berjumlah 497 orang. 

"Gresik dan Sidoarjo memiliki pola interaksi kewilayahan yang sangat erat dengan Kota Surabaya," tutup Khofifah. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahas PSBB, Khofifah Panggil Risma dan 2 Kepala Daerah di Surabaya Raya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru