Peristiwa

Bandara El Tari Kupang kembali beroperasi setelah ditutup sementara

Senin, 05 April 2021 | 14:22 WIB Sumber: TribunNews.com
Bandara El Tari Kupang kembali beroperasi setelah ditutup sementara

ILUSTRASI. Bandara El Tari Kupang, NTT.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali beroperasi setelah sempat ditutup sementara pada Senin (5/4/2021) pukul 10.00 WITA, akibat hujan dan angin kencang dampak dari Siklon Tropis Seroja.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengatakan, keputusan penutupan operasional Bandara El Tari l, Kupang berdasarkan notice to airmen (NOTAM) Nomor B0510/21

"NOTAM tersebut menyatakan bahwa runway Bandara El Tari Kupang ditutup sejak Senin pukul 06.45 WITA hingga Senin 5 Maret 2021 pukul 10.00 WITA," kata Handy dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: BNPB kirimkan bantuan logistik untuk korban bencana banjir bandang di Flores Timur

Handy menyebutkan, akibat badai Siklon Seroja ada beberapa kerusakan yang terjadi di Bandara El Tari Kupang di sisi barat. Kemudian pada sisi udara terdapat objek asing seperti ranting yang dapat membahayakan lajur penerbangan.

"Kerusakan fasilitas di sisi darat yaitu kerusakan plafon terminal penumpang di area selasar keberangkatan dan kedatangan domestik, ruang tunggu, dan area kedatangan internasiona," ujar Handy.

Lanjut Handy, kerusakan yang terjadi di sisi barat bandara juga mengakibatkan kebocoran dan membuat air dari plafon mengenai mesin conveyor belt. "Selain itu karena kerusakan ini, sumber daya listrik Bandara El Tari saat ini menggunakan genset karena aliran listrik dari PLN yang padam sejak pukul 13.30 WITA Minggu (4/4/2021)," ujar Handy.

Menurut Handy, saat ini kerusakan di Bandara El Tari Kupang sedang dalam penanganan lebih lanjut untuk kelancaran operasional bandara.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Sempat Ditutup Akibat Badai Siklon Seroja, Bandara El Tari Kupang Kembali Beroperasi"

Selanjutnya: Jokowi sampaikan duka atas bencana NTT dan NTB

 

Editor: Handoyo .
Terbaru