Bandara internasional HS Hanandjoeddin, Belitung resmi ditutup hingga 1 Juni 2020

Jumat, 24 April 2020 | 14:54 WIB Sumber: Kompas.com
Bandara internasional HS Hanandjoeddin, Belitung resmi ditutup hingga 1 Juni 2020

ILUSTRASI. Bandara internasional HS Hanandjoeddin, Belitung resmi ditutup hingga 1 Juni 2020. TRIBUNNEWS/HO


PENERBANGAN - BELITUNG. Bandara internasional HS Hanandjoeddin, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung resmi ditutup untuk penerbangan penumpang umum terhitung 24 April hingga 1 Juni 2020.

Penutupan bandara dilakukan seiring diberlakukannya penutupan penerbangan komersial se-Indonesia oleh pemerintah pusat untuk memutus pandemi corona.

"Mulai dinihari tadi semua penerbangan komersial ke Belitung ditutup. Artinya tidak ada penumpang umum. Penutupan ini sementara sesuai kebijakan pusat," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, kepada awak media, Jumat (24/4/2020).

Dia menuturkan, penutupan penerbangan hanya berlaku bagi penumpang umum. Sedangkan penerbangan kargo yang bakal mengangkut logistik semisal sembako, barang belanjaan dan obat-obatan tetap beroperasi.

Baca Juga: Pemudik kendaraan pribadi wajib bawa surat jalan sebelum masuk Jateng

Dengan demikian, proses pengiriman sampel pasien terkait Covid-19 masih bisa dilakukan. Isyak berharap, pengiriman sampel tersebut bisa dilakukan tiga kali seminggu. Namun dengan dua kali pengiriman saat ini juga sudah dianggap cukup.

"Memang harapan kita uji swab ini bisa lebih cepat. Sehingga tindakan medis juga lebih efektif nantinya. Bagaimana wabah ini cepat kita selesaikan," ujar dia.

Sementara terkait suplai sembako atau bahan pokok, Isyak memastikan tidak khawatir dengan adanya pembatasan penerbangan sejak awal.

Selain mengandalkan kargo pesawat, suplai sembako di Belitung terjaga karena keandalannya melalui kapal laut. (Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Hanandjoeddin Belitung Ditutup untuk Umum hingga 1 Juni",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru