Bantu penanganan Covid-19, Bea Cukai fasilitasi APKB donasikan alat kesehatan

Kamis, 18 Juni 2020 | 17:32 WIB   Reporter: Yusuf Imam Santoso
Bantu penanganan Covid-19, Bea Cukai fasilitasi APKB donasikan alat kesehatan

Salah satu kerja sama yang dijalin Bea Cukai adalah dengan pengusaha di kawasan berikat untuk memproduksi masker dan alat pelindung diri.


BEA DAN CUKAI - JAKARTA, Pemerintah terus berupaya dan bekerja sama dalam penyediaan barang untuk keperluan penanganan pandemi Covid-19.

Salah satu kerja sama yang dijalin Bea Cukai adalah dengan pengusaha di kawasan berikat untuk memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) dalam rangka ikut berpartisipasi dalam penyediaan peralatan yang diperlukan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandung, Eri Prihantari mengungkapkan produksi ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah melalui Bea Cukai dalam merelaksasi perizinan produksi di perusahaan Kawasan Berikat.

Baca Juga: Perlancar aliran barang, Kemenko Perekonomian: Perlu kolaborasi INSW

Perusahaan yang sebelumnya hanya boleh memproduksi jenis barang sesuai core bussines-nya atau yang tercantum dalam perizinan saja, kini diperbolehkan dan didorong untuk dapat memproduksi peralatan yang diperlukan dalam pencegahan dan penanganan wabah ini.

Ia pun menambahkan bahwa pemerintah melalui Bea Cukai telah membuat beberapa kebijakan, antara lain dengan mendorong dan memberikan izin kepada para pengusaha Kawasan Berikat untuk memproduksi peralatan yang dibutuhkan tersebut.

“Hal ini demi menjamin ketersediaan peralatan yang dibutuhkan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” jelas Eri dalam keterangan resminya, Kamis (18/6).

Baca Juga: Margin usaha produksi face shield bisa 40%, tertarik?

Dalam acara yang dihadiri Eri tersebut, Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (Apkb) memberikan bantuan alat kesehatan berupa APD, masker, sanitizer, sabun antiseptik, dan sarung tangan karet yang diserahkan melalui BNPB.

“Alat kesehatan yang didonasikan tersebut merupakan hasil produksi dari 45 kawasan berikat berbeda yang tergabung dalam APKB. Semoga Bea Cukai dapat terus bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat maupun pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru