Begini TNI merespons kabar tiga sayap militer OPM bersatu

Jumat, 05 Juli 2019 | 12:32 WIB Sumber: Kompas.com
Begini TNI merespons kabar tiga sayap militer OPM bersatu

KONTAN.CO.ID - JAYAPURA. Tokoh pembebasan Papua Barat Benny Wenda melalui akun media sosialnya mengklaim telah membentuk United Liberation for West Papua (ULMWP) atau Serikat Pembebasan Papua Barat dan menolak label separatis dan penjahat oleh Pemerintah NKRI.

Merespons hal tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih menilai itu hanyalah bentuk propaganda Benny untuk mencari perhatian dunia internasional. "Untuk klaim Benny Wenda bahwa dia telah menggabungkan 3 faksi sayap militer dari Organisasi Papua Merdeka ( OPM), saya kira itu hanya sifatnya propaganda untuk kepentingan popularitas pribadi Benny Wenda," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, di Jayapura, Jumat (5/7).

Faksi militer OPM yang berada di hutan, sambung Dax, sangat minim melakukan interaksi dengan dunia luar, terutama ULMWP. Intelijen Indonesia selalu memonitor setiap arus komunikasi kelompok-kelompok tersebut dan fakta yang ditemukan sangat berbeda dengan apa yang diklaim Benny Wenda.

"Pada dasarnya ke-3 faksi sayap militer tersebut justru tidak mengakui organisasi ULMWP yang diketuai oleh Benny Wenda. Antar-faksi militer yang berada di hutan belantara dengan faksi sayap politik ULMWP yang ada di luar negeri sering kami monitor dan menurut data intelijen kami, mereka tidak dalam satu kesatuan," terang dia.

Dax menyebut, Benny Wenda sering mengklaim bahwa aksi faksi militer OPM di beberapa daerah adalah atas perintah faksi politik yang ia ketuai. Ia menegaskan, hal tersebut tidak benar dan dilakukan Benny Wenda untuk mencari pendanaan di luar negeri.

"Kecendrungannya adalah Benny Wenda memanfaatkan sayap militer untuk kepentingan pribadi, untuk menghimpun dana dari luar negeri untuk kepentingan pribadi. Sementara, faksi militer yang berada di hutan belantara tidak terkoneksi langsung dengan Benny Wenda," tutur dia. (Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar 3 Sayap Militer OPM Bersatu, Ini Respons TNI"

Editor: Noverius Laoli
Terbaru