Belitung genjot UKM dongkrak pendapatan daerah

Jumat, 28 Juli 2017 | 16:24 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Belitung genjot UKM dongkrak pendapatan daerah


BELITUNG. Bupati Belitung H Sahani Saleh tengah berupaya mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) melalui koperasi dan usaha kecil menengah (KUMKM). PAD tidak lagi bergantung lewat usaha pertambangan yang pamornya sudah redup.

"Sekarang ini sumbangan tambang untuk PAD sudah turun jauh, PAD usaha tambang hanya tersisa 20% saja. Padahal dulu tambang menumbang PAD sampai 70%," kata Sahari Saleh dalam keterangan tertulis terkait kegiatan Belitung Fair 2017 sekaligus peresmian Gedung PLUT-KUMKM Kabupaten Belitung dan Launcing Kampung UKM Digital di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Kamis (27/07).

Sahani Saleh bilang kegiatan yang tengah dilaksanakannya saat ini dilakukan dalam upaya menumbuh kembangkan UKM. "Tahun 2008 jumlah UKM di Kabupaten Belitung baru 40 UKM. Dan sekarang tahun 2017, jumlahnya sudah mencapai 16.000 UKM," ungkap Sahani.

Dengan meningkatnya jumlah UKM diharapkan PAD Kabupaten Belitung yang anjlok seiring pudarnya usaha tambang bisa naik lagi.

Seiring keseriusan pemerintah daerah membangun sektor UKM, terang Sahani Saleh, UKM saat ini sudah bisa menyumbang PAD sebanyak 40%. "Dengan dibangunnya Gedung PLUT-KUKM dan Kampung Digital pada tahun 2019 nanti sektor UKM bisa menyumbang PAD sebanyak 50%," harap Sahani Saleh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru