Bendera setengah tiang untuk 12 tahun tsunami Aceh

Senin, 26 Desember 2016 | 09:42 WIB Sumber: Kompas.com
Bendera setengah tiang untuk 12 tahun tsunami Aceh


BANDA ACEH. Pemerintah Provinsi Aceh menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang untuk peringantan 12 tahun Tsunami Aceh. Pengibaran bendera setengah tiang ini dilakukan di semua instansi pemerintah dan swasta dan rumah-rumah warga.

Pemprov Aceh juga menetapkan tanggal 26 Desember menjadi hari libur daerah.

Warga memperingati 12 tahun pasca gempa dan tsunami dengan berziarah ke makam-makam massal korban gempa dan tsunami. Warga juga melakukan zikir dan doa bersama di semua masjid dan meunasah di setiap desa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi Aceh mengatakan, peringatan 12 tahun Aceh pasca bencana tsunami, juga menjadi peringatan bencana gempa. Aceh baru saja mengalami bencana gempa yang menelan 102 korban jiwa di Kabupaten Pidie Jay.

"Peringatan kali memang peringatan bencana ganda, dan bertema membangun budaya siaga bencana,” kata Reza, Senin (26/12).

Reza berharap hal tersebut melahirkan perilaku kreatif, inovatif, dan amanah serta semangat untuk terus membangun Aceh lebih baik dalam berbagai sektor.

Selain itu bisa membangun kesadaran masyarakat menuju budaya siaga bencana. (Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru