CLOSE [X]

Bendung Kasus Covid-19, 5 Gerbang Tol Masuk Bandung Ditutup di Akhir Pekan

Jumat, 11 Februari 2022 | 19:11 WIB Sumber: Kompas.com
Bendung Kasus Covid-19, 5 Gerbang Tol Masuk Bandung Ditutup di Akhir Pekan

ILUSTRASI. Petugas Kepolisian memberhentikan kendaraan dari luar Kota Bandung saat melaksanakan operasi PPKM Darurat di Gerbang Keluar Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menutup lima gerbang tol masuk ke Bandung selama akhir pekan ini dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 selama penerapan PPKM Level 3. 

Kelima gerbang tol masuk ke wilayah Bandung tersebut adalah Pasteur, Kopo, Pasir Koja, Moh. Toha, serta Buah Batu. Penutupannya akan menyesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, skema penutupan itu sepenuhnya pemerintah provinsi serahkan kepada Polda Jabar. 

"Itu saya serahkan skema sepenuhnya pada Kepolisian yang mengatur karena jalur naik (kasus) Omicron di Jabar itu Kota Bandung, ibu kota Jawa Barat. Jalurnya dari Cipularang," kata Kang Emil, panggilan akrabnya, Jumat (11/2). 

Dia menilai, banyak wisatawan memilih berwisata ke Bandung karena tak perlu menggunakan pesawat terbang. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 11 Februari: Tambah 40.489 Kasus, Meninggal 100

Oleh karenanya, pengelola hotel di Bandung harus melakukan pengetesan yang ketat secara acak pada karyawannya demi memastikan wisatawan yang datang dalam kondisi sehat.

"Sebab potensi (kasus) dimungkinkan datang awalnya dari tempat penginapan. Kalau di hotel tak banyak kasus, berarti hotel tersebut sudah menjalankan prosedur dengan baik," ujar Kang Emil. 

Saat ini, lonjakkan kasus Covid-19 di Bandung meningkat sampai 80%. Sehingga, perlu ada langkah-langkah antisipatif di samping terus menerapkan protokol kesehatan ketat. 

"Walaupun kasus rendah, jangan lengah, khususnya daerah tujuan wisata. Waspada kemungkinan tamu dari Jabodetabek yang membawa virus. Oleh karena itu, PeduliLindungi dan penggunaan masker harus sering diingatkan," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Akhir Pekan Ini, 5 Ruas Tol di Bandung Ditutup Sementara"

Penulis: Ruly Kurniawan
Editor: Aditya Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru