Bersiap, Semarang bakal terkena pemadaman listrik

Selasa, 13 Januari 2015 | 17:29 WIB Sumber: Antara
Bersiap, Semarang bakal terkena pemadaman listrik

ILUSTRASI. Peran teknologi carbon capture dalam pengurangan emisi industri di Indonesia


SEMARANG. Gangguan Interbus Transformer (IBT) 3 Gardu Induk Ungaran berakibat pada padamnya listrik di sejumlah daerah di Jawa Tengah, kata Pejabat Humas PLN Distribusi Jateng-DIY Supriyono.

"Selain di GI Ungaran, gangguan juga terjadi di PLTU Rembang 1 dan 2, serta PLTU Pacitan yang mengakibatkan sejumlah daerah padam," katanya, Selasa (13/1).

Menurutnya, pemadaman listrik terjadi di 12 dari 15 Gardu Induk di wilayah Semarang, serta sebagian wilayah Salatiga, Kudus, Pati, Klaten, dan Solo.

"Beberapa waktu lalu diupayakan proses pemulihan berkenaan dengan gangguan listrik tersebut. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan," katanya.

Pemadaman listrik sendiri terjadi dari sekitar pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 15.00 WIB. Berdasarkan pantauan, sebagai akibat dari padamnya listrik tersebut sejumlah perempatan lampu merah di Semarang mengalami kemacetan karena lampu rambu-rambu yang tidak berfungsi.

Sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi beberapa kali, salah satunya pemadaman listrik yang disebabkan adanya gangguan pada Gardu Induk Pedan di Kabupaten Klaten yang biasa memasok listrik di sebagian Jawa Tengah.

"Selama ini memang Gardu Induk Pedan ini menyuplai 350-500 Megawatt, karena ada kerusakan pada IDT otomatis kami kehilangan suplai tersebut," katanya.

Supriyono mengatakan, suplai dari GI Pedan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang seharusnya disuplai dari sejumlah PLTU di antaranya Tambaklorok, Rembang, dan Tanjung Jati.

"Selama ini kan memang ada gangguan di beberapa PLTU tersebut, sehingga kami butuh suplai dari GI Pedan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru