Jawa Barat

Besok, Kementerian PUPR Akan Uji Coba Lalu Lintas Flyover Kopo Bandung

Rabu, 21 September 2022 | 16:31 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Besok, Kementerian PUPR Akan Uji Coba Lalu Lintas Flyover Kopo Bandung

ILUSTRASI. Foto udara proyek pembangunan Jalan Layang Kopo di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/5/2022). Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan melakukan uji coba flyover Kopo di Kota Bandung.


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan melakukan uji coba flyover Kopo di Kota Bandung. Jalan layang Kopo ini sebagai upaya mengurai kemacetan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, sehingga konektivitas jalan nasional dan jalan tol dapat terus ditingkatkan.

Secara struktur, flyover Kopo sepanjang 1,3 kilometer ini telah selesai 100% dan kini dalam tahap uji laik fungsi sebelum beroperasi.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan setiap pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan seperti flyover Kopo harus dilakukan uji laik fungsi sebelum secara resmi dibuka umum untuk memastikan kelaikan dan keamanan konstruksi jalan layang.

“Saat ini tengah dilakukan sosialisasi ke masyarakat terkait rencana uji coba tersebut, yang akan dilakukan pada Rabu, 21 September 2022 pukul 24.00 WIB atau Kamis, 22 September 2022 pukul 00.00 WIB,” kata Endra dalam keterangan resminya, Rabu (21/9).

Baca Juga: Tol Cibitung - Cilincing dan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1 Segera Beroperasi

Endra bulang, selama uji coba secara terbatas terdapat beberapa ketentuan yang harus ditaati di antaranya jenis kendaraan yang diizinkan kendaraan roda dua dan mobil penumpang. Termasuk kendaraan berat dengan pembatasan dan tidak diperbolehkan berhenti hingga parkir di atas jalan layang, menjaga kebersihan, dan ketertiban di area flyover Kopo.

“Sesuai rencana timeline yang sudah disepakati, setelah dilakukan uji coba pada Rabu, 21 September pukul 24.00 WIB maka selanjutnya akan dilakukan evaluasi bersama Forum Lalu Lintas Jabar. Diharapkan dalam waktu satu minggu sudah diperoleh hasilnya,” kata Endra.

Secara paralel, Kementerian PUPR mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk terus mempercepat penyelesaian masalah pembebasan lahan yang berada di ujung flyover baik di sekitar Bandung Convention Centre (arah Tol Kopo dan Cibaduyut) maupun di sekitar Caringin (arah Tol Pasir Koja), sehingga tidak terjadi penyempitan jalan yang membahayakan pengguna jalan.

Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung yang bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di ruas yang menjadi penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Jalan Soekarno-Hatta di Kopo merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung.

Kawasan tersebut juga terdapat 2 persimpangan dan akses tol yaitu Tol Kopo dan Tol Pasir Koja, sehingga kerap mengalami kemacetan. Diharapkan, keberadaan flyover Kopo nantinya dapat mengurangi kepadatan arus kendaraan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja.

Baca Juga: Anggaran Infrastruktur Capai Rp 392,02 Triliun di 2023, Salah Satunya untuk IKN

Selanjutnya: Buka Akses Melalui RSPO, Petani Swadaya Musim Mas Raih Transaksi Hingga Rp 11 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru