BMKG: Gempa magnitudo 6,3 terjadi di Jayapura Minggu dini hari

Minggu, 19 Januari 2020 | 07:22 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG: Gempa magnitudo 6,3 terjadi di Jayapura Minggu dini hari

ILUSTRASI. Gempa magnitudo 6,3 terjadi di Jayapura Minggu dini hari


GEMPA - JAYAPURA. Kota Jayapura, Papua, pada Minggu (19/01) dini hari pukul 01.38 WIT diguncang gempa bumi bermagnitudo 6,3. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi magnitudo 6,1. 

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.77 LS dan 139.52 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 108 km arah Barat Kota Jayapura, Papua pada kedalaman 53 km," ujar Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Simondili, melalui rilisnya, Minggu pagi. 

Baca Juga: Peneliti kembangkan machine learning peramal kebakaran

Ia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis BMKG, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Jayapura,  Sarmi III-IV, Yahukimo dan Keerom III MMI," kata Petrus. Hingga Minggu, pukul 02.17 WIT, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 4,4. (Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Jayapura Papua, Akibat Aktivitas Sesar Lokal"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru