BMKG: Hari ini hujan lebat disertai petir bisa turun di Jabodetabek

Kamis, 09 Januari 2020 | 05:40 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
BMKG: Hari ini hujan lebat disertai petir bisa turun di Jabodetabek


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang hari ini (9/1) berpotensi terjadi di Jabodetabek dan sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tersebut.

R. Mulyono R. Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, mengatakan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan kilat/petir (thunderstorm) bisa terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari.

"Terutama, di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor," katanya dalam siran pers, Rabu (8/1).

Baca Juga: Peringatan Kedubes AS: Jakarta akan didera hujan luar biasa dan badai halilintar

Intensitas hujan, Mulyono menyebutkan, bisa menurun pada pagi menjelang siang hari. Dan, intensitas hujan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

Tapi, Muyono menegaskan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek pada esok hari tidak seekstrem hujan yang terjadi pada 1 Januari lalu.

Meski begitu, "Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan, seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin," imbuh dia.

Baca Juga: Prediksi cuaca di Jakarta versi BMKG pasca peringatan Kedubes AS

Mengutip laman BMKG, berikut peringatan dini waspada potensi hujan lebat pada Kamis (9/1):

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru