BMKG Masih Tunggu Informasi Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 7,1 di Talaud

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:54 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG Masih Tunggu Informasi Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 7,1 di Talaud

ILUSTRASI. Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengukur besaran gempa tremor pada seismograf


GEMPA - MANADO. Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), diguncang gempa tektonik magnitudo 7,1 pada Rabu (18/01/2023) pukul 13.06 WIB. Gempa tersebut dirasakan di sejumlah kabupaten dan kota di Sulut.

Hingga saat ini belum ada informasi kerusakan pasca-gempa tersebut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.

"Belum ada informasi kerusakan. Kami masih menunggu informasi kerusakan dari kabupaten dan kota," kata Koordinator bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko, lewat pesan singkat saat dikonfirmasi, Rabu siang.

"BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami," tambah Edward.

Baca Juga: BMKG Mencatat Gempa Terkini Magnitudo 7,1 di Minahasa, Manado, Bitung, Ternate

Edward mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.80 LU,127.11 BT, atau tepatnya 141 Km Tenggara Melonguane, Sulut, pada kedalaman 64 Km.

Dirasakan di Kota Gorontalo II MMI. Lalu, Minahasa, Manado, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bitung, Tomohon, Ternate, Sofifi, Banggai Kepulauan, Halmahera Timur, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara III MMI. "Talaud, Sangihe, Sitaro, Tidore III-IV," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa M 7,1 di Talaud Sulut, BMKG: Masih Menunggu Informasi Kerusakan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru