BMKG Rilis Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat Periode 22-24 Oktober 2023

Senin, 23 Oktober 2023 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG Rilis Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat Periode 22-24 Oktober 2023

ILUSTRASI. Sejumlah wilayah yang berpotensi alami hujan lebat mulai hari Minggu (22/10/2023). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto


BMKG - JAKARTA. Sejumlah wilayah yang berpotensi alami hujan lebat mulai hari Minggu (22/10/2023). Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui unggahan di Instagram @infobmkg pada Sabtu (21/10/2023). 

"Mari cek potensi wilayah terdampak di Indonesia, esok dan Lusa yang berada dalam kategori 'Siaga dan Waspada' terhadap bencana hidrometeorologi dampak dari potensi hujan lebat," tulis dalam unggahan. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto turut membenarkan bahwa di sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dan beberapa lainnya akan mengalami hujan lebat menjelang akhir Oktober 2023. 

"Rata-rata wilayah di Indonesia utara ekuator (khatulistiwa), periode tanggal 22 Oktober 2023 dan beberapa hari ke depan mungkin sampai 24 Oktober 2023 akan alami hujan lebat," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Diperkirakan akan terjadi hingga tiga hari ke depan Guswanto melanjutkan, prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat ini bisa diperkirakan terjadi sampai tiga hari ke depan. 

"Prakiraan berbasis dampak hujan lebat bila ditarik garisnya akan terjadi di wilayah utara ekuator, (seperti) Pontianak ke timur Palu, Sorong, Aceh, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Maluku," lanjutnya. 

Baca Juga: Kapan Suhu Panas di Indonesia Bakal Turun? Ini Jawaban BMKG

Sedangkan, kata dia, di wilayah Indonesia selatan ekuator masih akan mengalami kemarau. 

Kondisi tersebut terjadi lantaran awal musim hujan di Indonesia tidak terjadi dalam waktu bersamaan. Sehingga, ada beberapa wilayah yang sudah hujan dan beberapa lainnya masih mengalami suhu panas. 

"Di wilayah selatan ekuator, seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara masih mengalami kemarau dan suhu panas," lanjutnya. 

Pada wilayah selatan ekuator diperkirakan akan mulai musim hujan pada November. Namun, beberapa wilayah akan mulai diguyur hujan di awal November 2023, seperti Jawa Tengah bagian selatan dan Jawa Barat bagian selatan. 

Sementara itu, berdasarkan data prakiraan cuaca berbasis dampak dari BMKG, berikut ini sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat: 

Baca Juga: Cara Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas Ekstrim, yang Sering Keluar Rumah Wajib Tahu

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru