BMKG Umumkan Daftar Wilayah yang Masuk Musim Hujam September-Desember 2023

Senin, 11 September 2023 | 04:48 WIB   Reporter: kompas.com
BMKG Umumkan Daftar Wilayah yang Masuk Musim Hujam September-Desember 2023

ILUSTRASI. Sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki musim hujan secara bertahap sepanjang bulan September-Desember 2023. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto


BMKG - JAKARTA. Sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki musim hujan secara bertahap sepanjang bulan September-Desember 2023. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan tahun ini akan mundur dari tahun-tahun sebelumnya. 

Melansir Kompas.com, BMKG memprediksi awal musim hujan di Indonesia secara umum terjadi pada November 2023. 

"Musim hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (9/9/2023). 

Meskipun awal musim hujan diperkirakan mundur, namun curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal.  

Faktor yang memengaruhi musim hujan di Indonesia 

Dwikorita menerangkan, datangnya awal musim hujan di Indonesia berkaitan dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. 

Menurut perkiraan BMKG, Monsun Australia tetap aktif hingga November 2023 sementara Monsun Asia diperkirakan datang lebih lambat daripada biasanya. 

Khusus untuk Monsun Australia, Dwikorita mengatakan bahwa angin ini masih aktif di Indonesia bagian Selatan. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini dan Besok, Jawa Tengah Masih Konsisten Kering dan Panas

Ia menambahkan, saat ini sejumlah Zona Musim (ZOM) sudah terkonfirmasi memasuki musim hujan. Wilayah tersebut adalah sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau. 

Wilayah lain yang akan mengalami musim hujan adalah Sumatera bagian tengah dan selatan, Kalimantan, Jawa, kemudian secara bertahap mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada Maret-April 2024.

ZOM sudah mencapai 36,5 persen 

Di sisi lain, Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyampaikan bahwa jumlah ZOM pada September 2023 mencapai 24 atau sekitar 3,4 persen. 

Kemudian, ZOM akan meningkat pada Oktober 2023 sebanyak 69 atau sekitar 9,9 persen. Pada November 2023, jumlah ZOM akan bertambah menjadi 255 atau sekitar 36,5 persen. 

Selanjutnya, sekitar 153 ZOM atau sekitar 21,9 persen diperkirakan memasuki musim hujan pada bulan Desember 2023. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini dan Besok Jakarta, Prediksi BMKG Ada Gerimis Pagi!

"Secara umum musim hujan diprediksi akan datang lebih lambat, yaitu terjadi pada sekitar 446 ZOM (63,8 persen) di seluruh Indonesia," jelas Sena. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru